Pemalang Bakal Bangun TPA Baru di Bantarbolang, Bappeda dan Tim Sudah Survei Calon Lokasi

Pemalang Bakal Bangun TPA Baru di Bantarbolang, Bappeda dan Tim Sudah Survei Calon Lokasi

Tim sedang melakukan survei calon TPA di Desa Karanganyar Kecamatan Bantarbolang-M. Ridwan-Radar Pemalang

PEMALANG, DISWAYJATENG - Pemkab Pemalang berencana membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di wilayah Kecamatan Bantarbolang.

Bahkan Badan Perencanaan dan Pembangunan daerah (Bappeda) Kabupaten Pemalang bersama tim yang terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup, Perwakilan Disperkim, DPUTR, Dinpermasdes, Bagian Tata Pemerintahan, Camat Bantarbolang, Kepala Desa Suru dan Kepala Desa Karanganyar melakukan cek calon lokasi TPA di Desa Karanganyar, Kecamatan Bantarbolang.

Kepala bappeda Pemalang Sujarwo menyampaikan, hasil dari cek calon lokasi dan rapat diantaranya, terdapat tanah milik Pemda seluas 3,7 hektar di Desa Karanganyar, sisa program tukar guling tanah Perhutani di Bantarbolang.

"Untuk akses menuju lokasi yang nantinya akan dilewati armada angkut sampah harus melewati jalan Desa Suru sampai jalan setapak di tengah hutan pinus," jelasnya, kemarin.

Sujarwo mengatakan, perhitungan sementara dari DPUTR untuk membuka akses jalan di tengah hutan sekitar 2 km dan pembangunan jembatan membutuhkan anggaran Rp20 miliar.

"Melihat kondisi akses eksisting tersebut dengan mempertimbangkan faktor teknis harus dicari alternatif lokasi lain," kata Sujarwo .

Rencananya, kata dia, tindak lanjut akan membuat nota dinas alternatif calon lokasi TPA yang mengarah pada alternatif membebaskan tanah milik di Desa Parunggalih atau alternatif pinjam pakai kawasan hutan yang berlokasi di Desa Suru atau Desa Wisnu.

"Pengelolahan sampah ini berbasis masyarakat ," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: