8 Tanaman Hias yang Populer di Indonesia!

8 Tanaman Hias yang Populer di Indonesia!

Tanaman hias lili paris--

DISWAYJATENG.ID - Tanaman hias menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang, selain untuk memperindah ruangan dan halaman rumah, tanaman hias juga banyak yang memiliki manfaat tersendiri, seperti halnya tanaman dibawah ini.

1. Tanaman Hias Lili Paris

Tanaman hias yang pertama adalah Lili paris. Tanaman ini cocok untuk ditempatkan di pot gantung, sehingga menambah nilai keindahan visualnya. Lili Paris mampu beradaptasi di segala lingkungan sehingga mudah dirawat.

Lili paris juga mempunyai manfaat menghasilkan oksigen, menghilangkan racun dari cat dinding dan perabotan di dalam rumah.

2. Tanaman Pucuk Merah

Pucuk Merah memiliki bagian pucuk yang berwarna kemerahan, sehingga namanya Pucuk Merah. Tanaman ini biasanya tumbuh dengan rimbun.

Tanaman pucuk merah juga memiliki banyak manfaat di antaranya untuk menurunkan kadar gula darah dan melawan pertumbuhan kanker.

3. Tanaman Hias Kuping Gajah

Tanaman Hias yang ketga adalah Kuping gajah, tanaman ini bisa menambah koleksi tanaman di rumah kamu, tumbuhan juga populer di Indonesia. Karena bentuknya yang melebar, tanaman ini sering disebut sebagai bunga kuping gajah.

Manfaat yang diberikan dari tanaman kuping gajah, antara lain adalah untuk mempercepat penuaan bisul, obat relaksasi, mengobati penyakit kulit, dan bakteri, serta untuk menyembuhkan pembengkakan pada mulut dan tenggorokan.

5. Tanaman Daun Dollar

Yang keempat Daun Dolar, disebut daun dolar karena tumbuhan hias ini memiliki daun yang banyak dan berukuran cukup kecil. Daunnya tebal dengan tampilan yang mengilap. Tanaman hias daun ini cocok digunakan sebagai dekorasi ruangan.

Tanaman ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, yaitu sebagai obat diare, anti bakteri, mengatasi wasir, melancarkan pencernaan dan mengatasi pegal.

5. Tanaman Hias Aglaonema

Aglaonema, tanaman ini di Indonesia juga sering disebut tanaman sri rezeki. Aglaonema tumbuh pada lingkungan tropis dengan intensitas penyinaran yang rendah dan kelembapan tinggi. 

Banyak jenis aglaonema, mulai dari aglaonema moonlight, aglaonema lipstik, sampai aglaonema bidadari yang dibedakan berdasarkan warna daunnya. Tanaman ini akan cocok diletakkan di dalam rumah untuk mempercantik ruangan. 

6. Tanaman Hias Tanduk Rusa

Habitat asli tanaman ini adalah hutan hujan tropis seperti di Indonesia. Bentuk daunnya yang unik dan eksotis membuat tanduk rusa digemari sebagai tanaman hias. 

Umumnya tanaman Tanduk Rusa ini tumbuh pada cabang pohon besar dengan disinari matahari. Karena mudah dirawat dan bentuknya yang unik, tanaman ini sering dipakai untuk menghias dinding-dinding rumah. 

7. Tanaman Hias Puring

Puring menjadi memiliki nama latin codiaeum variegatum ini cukup populer karena warna daunnya yang bervariasi. 

Bentuknya pun juga bermacam-macam, ada yang oval, memanjang, dan lain sebagainya. Biasanya hidup di taman pada area terbuka seperti di halaman rumah. Tapi, puring juga bisa dipakai sebagai tanaman hias untuk menghias ruangan.

8. Tanaman Hias Alocasia

Tanaman yang terakhir adalah alocasia, tanaman ini juga termasuk dalam tanaman tropis yang sekerabat dengan aglaonema. Namun, bentuk alocasia menyerupai hati yang begitu estetik. 

Biasanya, tumbuhan ini ditanam di dalam pot karena karakteristiknya yang tidak terlalu tahan dengan udara yang dingin dan terlalu panas.

Itulah delapan tanaman hias yang bisa menjadi hiasan yang estetik untuk ditaruh di rumah anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: