Beberapa Tempat Wisata yang Bisa Kalian Kunjungi Ketika Berada di Daerah Sibolgla!

Beberapa Tempat Wisata yang Bisa Kalian Kunjungi Ketika Berada di Daerah Sibolgla!

Beberapa Tempat Wisata yang Bisa Kalian Kunjungi Ketika Berada di Daerah Sibolgla!-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID Sibolga salah satu daerah yang terletak pada Sumatra Utara, tidak sering kita dengar akan tetapi banyak yang menarik pada Sibolga. Sejarah kota Sibolga berawal dari sebuah bandar kecil pada teluk Tapanuli Nauli dan terletak pada Pulau Poncen Ketek.

 

Pulai kecil ini terletak tidak jauh dari kota Sibolga dan sekarang kira – kira sudah berdiri sejak abad 18. Pemimpin Dari bandar kecil pada pulau Poncen Ketek ini terkenal dengan julukan Datuk Bandar.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Tempat Wisata yang Berada di Sumatra yang Harus Kalian Rasakan!

 

Sedangkan pada daerah ini mayoritasnya adalah etnis pesisir dan batak yang merupakan penduduk asli Kota Sibolga. Hal tersubut semakin kuat dengan berdirinya Kota Sibolga oleh orang batak toba bermagra Hutagalung.

 

Bukan hanya wisatanya saja yang menarik akan tetapi juga banyak makanan khas yang terdapat pada daerah ini. Seperti ikan panggang geleng, rujak buah dan gulai paku khas Sibolga, pale ikan, ikan panggang geleng dll.

Kali ini kita akan membahas tempat wisata apa saja yang berada pada daerah Sibolga, antara lain:

 

1.  Batu Lobang

Batu yang kita maksud adalah sebuah terowongan jalan sepanjang 20 meter yang banyak wisatawan mampir sejenak untuk sekadar mengambil foto. Pada sekitar terowongan ini memang tidak tersedia wisata lain, kecuali pemandangan pepohonan hijau yang rimbun dan cukup sejuk dan damai.

Dulu katanya terowongan ini ada pada masa penjajahan Belanda, sehingga warga sekitar sering menyebutnya sebagai Goa Belanda. Terowongan ini sekaligus menjadi jalur alternatif antara Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Sibolga.

 

2.  Sibolga Square

Tempat ini lebih cocok kita katakan sebagai wisata kulinernya Sibolga karena banyak jenis makanan yang nikmat untuk kita cicipi. Mulai dari mi tek-tek, nasi goreng, soto, pempek, dan bakso yang rasanya khas Sibolga.

Jika kalian beruntung maka akan menemukan makanan khas Sibolga yaitu  mie gomak. Makanan  ini terasa sangat enak akan tetapi semakin sulit kita temui.

Sibolga Square sendiri buka setiap hari, namun pada saat malam hari saja dan lokasinya berada pada Jalan Ahmad Yani Pasar Baru Sibolga.

 

3. Pulau Sarudik

Sibolga punya banyak pulau cantik yang salah satunya Pulau Sarudik.  Pada pulau ini terkelilingi hamparan pasir putih yang indah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Apalagi jaraknya hanya tiga kilometer dari pusat kota Sibolga, banyak masyarakat sekitar rela menyebarangi pulau demi menikmati pemandangan matahari terbenam pada tempat ini.

Akan tetapi ayangnya pulau ini kurang mendapat perhatian kelestariannya sehingga banyak sampah menumpuk pada bibir pantai. Jadi untuk kalian yang akan datang ketempat ini usahakan jangan membuang sampah sembarangan.

 

4. Bukit Tor Simarbarimbing

Selain pantai Sibolga juga punya banyak bukit yang cantik yang salah satunya Bukit Tor Simarbarimbing. Meski berada pada ketinggian kalian titak perlu melakukan hiking yang melelahkan karena akses menuju cukup mudah. 

Ketika kita sudah sampai pada atas kalian akan melihat pemandangan Kota Sibolga yang menakjubkan dan indah. Tempat ini sangat cocok  untuk melepas penat setelah beraktivitas seharian penuh dan tampat ini juga tersedia gazebo untuk bersantai.

 

5. Pantai Ujung

Jika kalian mencari tempat untuk bersantai pada saat sore hari pantai ujung bisa menjadi pilihan utnuk kalian. Karena banyak yang bilang kalau panorama tempat ini sangat romantis dan syahdu apalagi saat matahari terbenam. 

Untuk masuk tempat ini kalian hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp25.000.

 

Demikian beberapa tempat wisata yang berada pada daerah Sibolga, ingat jangan membuang sampah sembarang ketika mengunjunginya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: