Jelang Idul Adha, Harga Bawang Putih di Bumiayu Merangkak Naik

Jelang Idul Adha, Harga Bawang Putih di Bumiayu Merangkak Naik

Pedagang membersihkan bawang putih dagangannya yang mulai mengalami kenaikan harga.-Teguh Supriyanto -Radar Brebes

BUMIAYU, DISWAYJATENG - Menjelang momen Idul Adha yang jatuh pada akhir bulan Juni ini, harga bawang putih di pasar tradisional Bumiayu terus merangkak naik. Kenaikan harga salah satu komoditas ini, sudah terjadi lebih dari satu pekan terakhir.

Di Pasar Bumiayu, para pedagang eceran menjual bawang putih seharga Rp 38.000 padahal satu minggu sebelumnya, bumbu dapur ini masih seharga Rp 24.000 per kilogram.

"Sudah ada satu minggu mulai naik, tidak langsung tinggi tapi bertahap sampai hari ini," ungkap Sutinah, pedagang pasar Bumiayu, Minggu (11/6).

BACA JUGA:Jelang Hari Raya Kurban, Harga Cabai Naik dan Daging Sapi Turun. Kenapa ?

Menurut dia, kenaikan harga bawang putih ini diduga karena meningkatnya kebutuhan warga menjelang datangnya Idul Adha. Kondisi ini kerap terjadi setiap tahun, saat momen-momen hari besar dan akhir tahun.

"Terlebih kemarin juga banyak warga yang menggelar hajatan, sehingga kebutuhan pasokan semakin tinggi sementara stok mungkin terbatas," imbuhnya.

Selain bawang putih, lanjut dia, meski saat ini masih dalam kondisi stabil, kenaikan harga juga akan diikuti barang kebutuhan pokok lainnya. Seperti bawang merah yang juga mengalami kenaikan dari Rp 28.000/kilogram menjadi Rp 38.000/kilogram.

BACA JUGA:Meroket, Harga Daging Ayam di Brebes Capai Rp 44 Ribu, Telur Rp 36 Ribu

"Kondisi ini perlu diimbangi dengan ketersediaan stok barang, sehingga tidak terjadi lonjakan harga yang sangat tinggi," terangnya.

Dikatakan, akibat harga bawang mengalami kenaikan, jumlah pembeli pun akhirnya merosot. Karena banyak yang mengurangi pengeluarannya untuk berbelanja.

"Lebih baik harga stabil, pembeli bisa membeli kebutuhan lebih banyak. Daripada harga naik seperti sekarang, maka pembeli menguranginya dengan alasan lebih irit," keluh Reza.

Meski harga bawang putih diketahui mengalami kenaikan, namun ketersediaan di sejumlah lapak pedagang masih terbilang memadai. "Semoga saja kondisinya tetap seperti ini dengan semakin dekatnya bulan puasa nanti," harapnya.

Kepala Pasar Bumiayu, Hari Sudarsono membenarkan kondisi tersebut. Dikatakan, kondisi kenaikan harga seperti yang berlangsung saat ini, biasa terjadi seiring dengan datangnya Idul Adha.

"Sejauh ini ketersediaannya masih aman, pengiriman dari distributor masih lancar. Hanya saja jenis bawang putih dan merah mengalami kenaikan harga," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar brebes