Ikuti Langkah Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata Anda, Nomor 2 Wajib Diperhatikan!

Ikuti Langkah Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata Anda, Nomor 2 Wajib Diperhatikan!

--

DISWAYJATENG.ID - Kesehatan mata merupakan aspek penting dalam menjaga kualitas hidup kita. Namun, seringkali kita mengabaikan pentingnya menjaga Kesehatan mata dengan baik dan benar. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga Kesehatan mata anda dan mencegah masalah mata yang serius.

1. Gunakan Kacamata yang Sesuai

Apabila anda memiliki masalah penglihatan seperti rabun, pastikan anda menggunakan kacamata atau lensa kontak yang sesuai.

Mengabaikan penggunaan kacamata atau lensa kontak yang tepat dapat memperburuk kondisi mata anda dan menyebabkan ketegangan mata yang berlebihan.

2. Rutin Periksa Mata

Pemeriksaan mata rutin dengan optometris atau oftalmologis merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan mata.

Melalui pemeriksaan ini, masalah mata seperti rabun jauh, rabun dekat, atau penyakit mata lainnya dapat terdeteksi lebih awal, sehingga dapat ditangani dengan cepat dan efektif.

BACA JUGA: 7 penyebab mata minus atau pandangan buram hindari nomer 5 dan 6

3. Mengurangi Penggunaan Komputer atau Perangkat Digital

Terlalu lama menggunakan komputer atau perangkat digital dapat menyebabkan kelelahan mata dan ketegangan mata yang berlebihan.

Sehingga perlu memastikan anda untuk beristirahat dengan secara teratur, mengedipkan mata, dan mengalihkan pandangan dari layar untuk mengurangi resiko penyakit pada mata.

4. Menjaga Kebersihan dan Hindari Menggosok Mata

Tangan yang kotor dapat menjadi sumber infeksi mata. Oleh karena itu, pastikan anda selalu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih secara teratur dan hindari menggosok mata dengan tangan yang kotor.

Apabila anda merasakan iritasi atau peradangan pada mata, hindari menggaruknya agar tidak memperburuk kondisi.

5. Lindungi dari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar UV matahari dapat menyebabkan kerusakan mata jangka panjang, termasuk katarak dan degenerasi makula.

Gunakan kacamata hitam yang berkualitas dengan perlindungan UV saat beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi mata anda dari sinar matahari yang berbahaya.

6. Mengonsumsi Makanan Sehat

Nutrisi yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Sehingga dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, C, E, omega-3, dan mineral seperti zinc dapat membantu menjaga kesehatan mata anda. Contohnya wortel, bayam, ikan salmon, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

BACA JUGA: kenali penyebab dan ciri ciri mata minus apakah bisa sembuh

7. Gunakan Perlindungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: