10 Macam Style Fashion untuk OOTD sehari-hari!

10 Macam Style Fashion untuk OOTD sehari-hari!

Style fashion-pexel.s-

DISWAY JATENG - Inilah 10 Macam Style Fashion untuk OOTD sehari-hari. Ada bermacam-macam style fashion di dunia ini. Ada yang feminim, maskulin dan lain-lain. Terkadang kita sering kali bingung bagaimana memilih gaya busana yang cocok bagi diri kita sendiri.

Apa Itu Style Fashion?

Style fashion yaitu langkah untuk mencerminkan dirinya lewat pakaian dan aksesoris yang melekat. Setiap orang memiliki caranya sendiri saat berpakaian. Meskipun tren fashion selalu berubah, tapi intinya style fashion hadir sebagai bentuk ekspresi diri.

Setiap style punya ciri khasnya sendiri. berdasarkan pemilihan warna, jenis pakaian, aksesoris, dan lain-lain. Ada pula yang mengikuti tren atau tetap pada style yang sukai sebelumnya.

Jadi, perlu anda pahami bahwa style fashion tidak harus selalu mengikuti dengan perkembangan zaman. Cukup sopan dan nyaman saat anda kenakan. Karena Setiap Gaya busana tidak selalu cocok untuk semua orang.

Kembali lagi, apakah gaya yang anda pilih sudah pantas atau seberapa nyaman pakaian anda gunakan. Karena fashion adalah bentuk ekspresi diri yang tertuang pada apa yang dikenakannnya agar bisa juga menumbuhkan percaya diri bagi tiap orang.

Apa saja macam macam style fashion?

Berbagai gaya busana punya keunikannya sendiri. Ada banyak jenis style fashion yang anda dapat coba nanti. Berikut adalah daftarnya:

1. Casual

Gaya kasual punya kesan santai dan nyaman. Jenis pakaian yang ini biasanya terbuat dari bahan katun dan linen. Sebab kedua bahan tersebut punya tingkat fleksibilitas yang tinggi.

Maka dari itu, gaya kasual cocok anda pilih jika anda adalah pribadi yang kalem.

2. Chic

Chic sendiri identik dengan nuansa modis dan elegan. Gaya ini sangat lekat dengan kota Paris, yang merupakan salah satu kiblat untuk mode seluruh dunia.

Bahan yang digunakan untuk fashion chic sangat rapi. Selain itu, aksesoris yang melekat harus lebih anggun dan tidak terlalu mencolok dari segi warna atau model.

3. Bohemian

Bohemian punya kesan etnik yang tinggi. Pakaian ini memiliki potongan yang cenderung lebih lebar dan longgar. Gaya tersebut melekat dengan budaya hippie yang melonjak pada era 60-an dan 70-an.

Ciri utamanya ada motif pakaian yang  bernuansa alam, seperti bunga atau bisa juga warna retro.

4. Street Style

Street style tidak berkutat pada jenis pakaian tertentu. Contoh yang dapat anda coba adalah Citayam Fashion Week yang sempat heboh pada 2022 lalu.

5. Athleisure

Style ini gabungkan sisi sporty dan kasual ke dalam pakaiannya. Gaya ini mencerminkan diri pemakai yang aktif dan playful. Misalnya adalah penggunaan celana jogger pants dengan hoodie polos.

6. Formal

Anda dapat memilih gaya formal ketika anda menyukai kerapian dan akan menghadiri acara yang bersifat resmi. Jadu kuncinya adalah terlihat rapi dan sopan, seperti misalnya kemeja .

7. Edgy

Jika anda orang yang tak suka dengan aturan dan norma sosial yang ketat, maka gaya edgy cocok anda pilih. Penggunaan kaos atau dress dan padukan dengan sepatu boots hitam. Bisa juga coba outfit serba hitam.

8. Preppy

Style ini sangat berkaitan dengan anak sekolah. Tapi berbeda dengan formal, preppy bersifat tidak terlalu kaku. Sangat cocok bagi para mahasiswa yang akan datang ke kampus.

9. Grunge

Saat era band Nirvana, style ini jadi salah satu dari sekian tren fashion yang masih relevan sampai sekarang. Grunge itu gayannya sederhana dan tampak lebih acak.

Anda dapat pakai kemeja flanel dengan ripped jeans. Ataupun kaos panjang double layer. Contoh fashion tersebut adalah ciri khas dari busana grunge sejak era 90-an.

10. Smart Casual

Smart casual cocok untuk anda yang cuek tapi sekaligus ingin rapi. Gaya ini tidak lebih formal, tapi juga tidak terlalu santai. Menggunakan pakaian santai dan formal ini sehingga dapat anda pakai saat datang ke kantor.

 

Bagaimana Cara Menentukan Style Fashion Sesuai Kepribadian?

Tentukan gaya fashion sesuai pribadi, dapat tingkatkan rasa percaya diri. Berikut adalah beberapa tips untuk menentukan gaya fashion sesuai kepribadian:

1. Coba Tahu Karakter Pribadi
Anda perlu mengenal diri dahulu untuk mengetahui baju apa yang pas dengan pribadi anda. Jangan sampai memaksakan diri hanya demi sebuah tren.

2. Cari referensi OOTD
Kamu bisa coba eksplor internet atau social media para influencer lokal maupun mancanegara. Bisa cari dengan sesuai kata kunci supaya mudah untuk dijelajahi.

3. Terus Bereksperimen
Cobalah untuk keluar dari zona nyaman, dengan manfaatkan fitting room untuk mencobanya sebelum keluar rumah. Gunakan aksesoris lain yang kamu suka.

4. Tetap Jadi Diri Sendiri
Kenakanlah gaya busana sesuai dengan pribadi dan kepercayaan diri. Jangan sampai anda menghilangkan sisi pribadi asli dengan memaksa style fashion.

5. Konsultasi Ke Ahli Terpercaya
Datang ke tempat jasa custom baju juga dapat anda coba. Supaya dapat sesuaikan bentuk tubuh dan karakter pribadi. Lebih baik lagi juga jika anda punya fashion stylist sendiri.

 

Itulah 10 Macam Style Fashion untuk OOTD sehari-hari yang dapat anda jadikan referensi.. Sesuaikan dengan pribadi dan keinginan anda. Yang terpenting yang dapat membuat anda nyaman saat melakukan kegiatan.

Selain itu, anda dapat datang ke tshirtbar jika ingin menyesuaikan langsung dengan berbagai style fashion.

Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: