Ingin Tahu Cara Merawat Rambut Berminyak, Simaklah Penjelasannya

 Ingin Tahu Cara Merawat Rambut Berminyak, Simaklah Penjelasannya

Cara Mengatasi Rambut Berminyak-agus-jabarekspres

DISWAYJATENG.ID - Rambut yang berminyak ini sering menjadi masalah bagi sebagian banyak orang. Lagi pula banyak yang berfikri bahwa satu-satunya cara untuk mwngatasinya yaitu dengan keramas setiap hari agar rambut tidak kelihatan kusam atau lepek. 

Tetapi, sebetulnya ada cara yang lebih baik dalam merawat rambut yang berminyak tanpa harus berkeramas setiap hari, malahan hal ini bisa memperburuk kondisi kulit kepala dan bisa menyebabkan masalah rambut lainnya.

Untuk itu sebelum kita membahas cara merawat rambut yang berminyak, penting sekali untuk memahami penyebab terjadinya kelebihan minyak pada rambut yang membikinnya terlihat kusam dan lepek.

Untuk kulit kepala manusia mempeunyai kelenjar minyak yang menghasilakan minyak alami . terkadang, kelenjar minyak ini bekerja teralau aktif, yang menyebabkan terjadinya produksi miyak yang berlebihan untuk kulit kepala.

Dan hal ini mengakibatkan rambut sering terlihat kusam,lepek, kusut dan mudah rontok

Untuk penyebeb rambut berminyak itu bisa bervariasi, mulai dari faktor genetik, hormon androgen yang mengalaminya pada wanita saat menstruasi, pada masa remaja, atau masa kehamilan,sampai kondisi penyakit tertentu semisal dermatitis seboroik yang menandai dengan munculnya ketombe, rasa gatal,bercak merah pada kulit kepala serta rambut yang lepek juga berminyak.

Untuk kebiasaan mengelus rambut juga bisa mempengaruhi kondisi pada rambut, terutama bila tangan tidak dalam kondisi bersih atau baru saja menyentuh makanan yang berminyak.

Selain itu , untuk penggunaan pada perwatan rambut yang tidak cocok bisa juga menjadi penyebab rambut yang berminyak.

Inilah beberapa Tips untuk merawat rambut yang berminyak dengan cara yang benar

1. Pilihlah produk perawatan yang tepat

Menggunakan shampoo dan conditioner yang mempunyai bahan ringan erta bebas minyak, dan pilihlah produk perawatan rambut yang sesuai pada kulit kepala yang berminyak.

Dan Selalu menghindari produk yang mengandung alkohol, sebab alkohl bisa membuat kulit kepala ini menjadi kering dan memicu produksi minyak yang berlebihan.

2. Mencuci rambut secara teratur

Gunakaanlah shampoo yang khusus pada rambut yang berminyak supaya rambut tidak cepat lepek. Bisa juga mencoba membikin shampoo alami dari teh hijau dan cuka sari apel, kedua bahan ini bisa membantu menjaga pH pada kulit kepala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Jabar Ekspres