Makanan yang Wajib Anda Cicipi Kalo ke Bandung!

Makanan yang Wajib Anda Cicipi Kalo ke Bandung!

makanan khas bandung--

DISWAYJATENG.ID- Bandung adalah ibu kota Provinsi Jawa Barat, biasa orang mnyebutnya sebagai surganya kuliner. Selain itu kota ini memiliki beragam makanan khas yang lezat dan unik. Berikut adalah beberapa makanan khas Bandung yang patut anda cicipi

1. Batagor

Batagor adalah singkatan dari Bakso Tahu Goreng. Hidangan ini terdiri dari bola-bola bakso ikan, tahu goreng, dan menyajiannya dengan saus kacang dan saus kecap. Selain Rasanya gurih dan nikmat, harganya juga tergolong terjangkau.

2. Mie Kocok

Mie Kocok adalah mi kuah khas Bandung identik  dengan kuah kaldu sapi yang kaya rasa. Biasanya lengkap dengan potongan daging sapi, perkedel, tahu goreng, dan irisan daun bawang. Rasanya sangat lezat dan menyegarkan.

3. Surabi

Surabi adalah sejenis pancake atau kue dadar yang terbuat dari tepung beras yang digoreng. Namun memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang khas. Biasanya menyajikannya dengan kelapa parut dan gula merah cair.

4. Soto Bandung

Soto Bandung adalah varian soto yang berasal dari Bandung. Kuahnya kaya rempah dengan rasa yang sedikit asam. Biasanya lengkap dengan daging sapi, mie kuning, tomat, dan daun bawang.

5. Baso Tahu

Baso Tahu adalah hidangan khas Bandung dengan isian seperti bakso sapi, tahu goreng, dan mie kuning. Biasanya penyajian hidangan ini lengkap dengan kuah kaldu yang kaya rasa, selain itu juga ada tambahan bihun dan sayuran seperti taoge dan sawi.

6. Nasi Timbel

Nasi Timbel adalah hidangan nasi dalam daun pisang. Menyajikan makanan ini biasanya dengan lauk seperti ikan, ayam, atau tahu tempe, serta lalapan seperti sayur asem, terong goreng, dan sambal. Rasanya sangat lezat dan kaya rempah.

7. Colenak

Colenak adalah makanan penutup khas Bandung yang terbuat dari ketan yang dibakar dan menyajikannya dengan parutan kelapa yang manis. Biasanya disiram dengan kuah gula merah yang kental dan gurih.

8. Cireng

Cireng dalam arti lain yaitu Aci Goreng. Makanan dengan bahan tepung kanji yang bentuknya seperti bola bola dengan menggorengnya sampai renyah. Menyajikan hidangan ini biasanya dengan saus kacang dan cabai. Selain itu memiliki rasa yang gurih dan cocok sebagai camilan.

Demikian pula beberapa makanan khas yang berasal dari Kota Bandung yang bisa anda cicipi jika berkunjung ke sana. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: makanankhasbandung