Ini Dia Beberapa Rekomendasi Universitas yang Berada pada Wilayah Jawa Tengah!

Ini Dia Beberapa Rekomendasi Universitas yang Berada pada Wilayah Jawa Tengah!

Ini Dia Beberapa Rekomendasi Universitas yang Berada pada Wilayah Jawa Tengah!-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID – Perguruan tinggi sejatinya sangat banyak kita cari untuk meneruskan pendidikan yang lebih tinggi melalui salah satu perguruan tinggi. Banyak sekali Universitas atau perguruan tinggi yang berada pada Indonesia salah satunya pada wilayah Jawa Tengah.

Kita sudah merangkum beberapa perguruan tinggi yang berada pada wilayah Jawa Tengah, antara lain:

1.Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas Muhammadiyah Surakarta atau UMS merupakan salah satu dari 164 perguruan tinggi Muhammadiyah atau PDM. Dan satu antara 1890 perguruan tinggi swasta pada Indonesia UMS ini terletak pada kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo.

Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah lembaga pendidikan tinggi pada persyarikatan Muhammadiyah Gomez.

Berdiri berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0330/1981 tanggal 24 Oktober 1981. Sebagai perubahan bentuk dari IKIP Muhammadiyah Surakarta Sebelum menjadi warna sejarah kelembagaan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan atau efek KPU Universitas Muhammadiyah Jakarta cabang Surakarta yang berdiri pada 1957.

 

2.Universitas Dian Nuswantoro

Universitas Dian Nuswantoro adalah salah satu perguruan tinggi swasta berakreditasi institusi a-yong berada pada daerah Semarang. Berdiri pada 12 Desember berdasarkan SK Mendikbud 06/1990 dengan nama akademik Manajemen Informatika dan komputer atau ADN.

Dalam upaya meningkatkan peran pendidikan tinggi pada Indonesia dalam konteks persaingan global sehingga mampu memperkuat daya saing bangsa. Maka 2001 berdasarkan SK Mendiknas RI 169/2001 30 Agustus 2001.

Maka Yayasan Dian Nuswantoro Semarang mendirikan Universitas Dian Nuswantoro atau kita singkat Udinus. Merupakan gabungan dari Sekolah Tinggi Manajemen dan komputer Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, sekolah tinggi bahasa asing dan Sekolah tinggi kesehatan.

Dalam penggabungan tersebut STMIK menjadi fakultas ilmu komputer menjadi Fakultas Ekonomi, bahasa dan sastra.

 

3.Universitas Jenderal Soedirman

Universitas Jenderal Soedirman atau Unsoed merupakan perguruan tinggi negeri pada Indonesia yang terletak pada daerah Purwokerto Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Universitas ini berdiri pada 23 September 1963 Berdasarkan Keputusan Presiden RI  195/963 dan SK menteri nomor 153/1963.

Nama Jenderal Sudirman sendiri adalah seorang panglima besar yang merupakan pahlawan nasional kelahiran Purbalingga. Universitas Jenderal Soedirman memiliki udara yang relatif sejuk dan dingin karena secara geografis berada pada kaki Gunung Slamet.

Pada awalnya universitas ini berdiri hanya memiliki tiga fakultas saja yaitu Fakultas Pertanian fakultas biologi dan Fakultas Ekonomi. Akan tetapi seiring dengan perkembangan dari masa ke masa saat ini terdapat 12 fakultas.

 

4.Universitas Muhammadiyah Semarang

Universitas Muhammadiyah Semarang adalah sebuah perguruan tinggi swasta pada daerah Semarang Jawa Tengah. Pada awal berdirinya Universitas Muhammadiyah Semarang adalah  perguruan tinggi kesehatan Muhammadiyah Semarang.

Telah berdiri sejak tahun 1982 terdiri dari tiga Academy yaitu akademi keperawatan Akademi gizi dan akademi analis kesehatan. Dengan tujuan untuk pengembangan amal usaha Muhammadiyah mulailah merintis pendirian Universitas Muhammadiyah Semarang 4 Agustus 1999.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menerbitkan izin operasional Universitas Muhammadiyah Semarang dengan 139/1999.

 

5.Universitas Islam Negeri Walisongo

Universitas Islam Negeri Walisongo atau kita singkat UIN Walisongo adalah sebuah perguruan tinggi negeri pada Kota Semarang Jawa Tengah. Pada awalnya kampus ini bernama IAIN Walisongo dan sekarang menjadi UIN Walisongo sejak 19 Des 2014.

UIN Walisongo secara resmi berdiri pada 6 April 1970 melalui keputusan Menteri Agama RI KM Dahlan 30 dan 31 tahun 1970.

Demikian pembahasan kita mengenai beberapa Universitas yang berada pada daerah Jawa Tengah, semoga bisa bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: