Buntil Purworejo, Masakan Legendaris dengan Cita Rasa Abadi! Ini resepnya

Buntil Purworejo, Masakan Legendaris dengan Cita Rasa Abadi! Ini resepnya

Buntil merupakan makanan legendaris turun temurun yang berasal dari Purworejo--

DISWAYJATENG – Purworejo memiliki masakan tradisional yang bernama buntil.  Makanan ini menjadi makanan legendaris sampai saat ini.

Buntil adalah semacam sayur yang terbuat dari daunt alas atau singkong. Dalam tumpukkan daun singkong berisi parutan kelapa yang berbumbu pedas.

Ada juga yang mengisinya dengan ikan teri atau petai. Makanan ini biasanya mereka sajikan dengan kuah santan kuning yang sangat menggugah selera. Rasanya pun sangat gurih dan cocok anda makan bersama nasi hangat.

Karena makanan ini sudah menjadi makanan legendaris, maka seringkali daerah-daerah tertentu menggelar festival buntil. Tujuannya melestarikan menu makanan ini serta inovasi yang tentunya dapat menambah cita rasa makanan khas ini.

Makanan yang terbuat dari parutan kelapa dan campuran ikan teri ini terbungkus dengan daun pepaya atau talas, kemudian mereka rebus dalam santan. Bahkan ada satu tempat legendaris yang menjual buntil selama puluhan tahun dan sudah sangat mereka kenal.

Yang membuat unik serta cita rasa yang unik dari buntil ini adalah cara memasaknya yang menggunakan kayu bakar. Tidak heran jika masakan ini sudah sangat kita kenal bahkan sampai ke luar kota Purworejo sendiri.

Proses pembuatan buntil inipun tidak mudah. Setidaknya butuh waktu lebih dari 5 jam dalam pembuatan makanan legendaris ini untuk menghasilkan rasa yang lezat.

Anda tertarik bagaiamana cara membuat buntil? Membuat buntil tidak bisa kita bialang mudah. Sebab jika salah dalam pengolahannya rasa yang kita hasilkan malah akan menjadi hambar.

Sebagai contoh missal kita akan membuat buntil daunt alas. Ada sejumlah hal yang perlu anda perhatikan. Antar lain yaitu pemilihan bahan. Sebaiknya menggunakan bahan yang segar. Buntil daun talas ini sangat cocok untuk sajian keluarga.

Cara Membuat Buntil

Buntil juga sangat cocok anda santap dengan nasi hangat. Bagi anda yang ingin mencoba membuat resep masakan khas ini tidak perlu khawatir. Melansir dari buku Mustikarasa Resep Masakan Indonesia, berikut cara membuat buntil :

Bahan

  1. 20 helai daun talas
  2. ½ butir kelapa muda
  3. 20 ekor ikan peda (atau bisa anda ganti dengan 1 cangkir ikan asin kering)
  4. Jerami merang untuk pengikat secukupnya.
  5. 1 ruas petai

Bumbu yang anda haluskan:

  1. 4 buah cabe merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 sendok teh terasi
  4. 20 biji cabe rawit
  5. ½ ruas jari kencur
  6.   1 sendok makan garam

Cara Pembuatannya:

Cuci daun  talas sampai bersih kemudian anda tiriskan. Layukan daunt alas sebentar agar mudah pada saat anda masak nanti. Setelah itu parut kelapa muda. Ambil daging ikan peda dan hancurkan. Kupas petai dan iris halus.

Selanjutnya anda siapkan bumbu dan cabe merah, cabe rawit kemudian haluskan. Setelah itu campurkan dalam satu wadah bersama bumbu halus, petai, kemudian parutan kelapa serta daging peda. Campurkan sampai benar-benar merata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: