Makanan Khas Purworejo, Namanya Unik Rasanya Asik! Wajib Anda Coba

Makanan Khas Purworejo, Namanya Unik Rasanya Asik! Wajib Anda Coba

Purworejo memiliki berbagai makanan khas yang wajib anda coba--

DISWAYJATENG – Makanan khas Purworejo memiliki cita rasa yang lain dan tidak biasa. Jika anda dan keluarga sedang mengunjungi kota yang satu ini, anda pasti mencari makanan khas.

Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk mencari makanan, karena kota ini mempunyai banyak makanan khas yang wajib anda coba. Banyak sajian menu makanan yang mengenyangkan serta bkin nagih karena kelezatannya.

1. Kupat Tahu

Mungkin nama makanan seperti ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat jawa pada umumnya. Kupat tahu merupakan makanan kupat dengan lauk tahu goreng, tauge, kemudian kubis lalu mereka siram dengan kuah manis kacang. Bumbu kacang manis ini terbuat dari kecap manis dan kacang tanah sangrai. Makanan yang tampak sederhana ini memiliki cita rasa yang lezat.

Makanan khas Purworejo ini bisa anda temui sepanjang jalan kota Purworejo. Harganya pun sangat terjangkau mulai dari 10 ribu saja.

2. Sego Penek Ngandul

Kuliner ini merupakan makanan berat. Jadi anda perlu mengosongkan perut sebelum menikmatinya. Nama makanan ini adalah sego penek ngandul. Makanan khas ini menyajikan nasi lalu sayur lodeh nangka dan daging jeroan ayam. Masakan enak dan gurih ini cocok anda makan yang terkenal dengpada siang hari. Tidak ada yang tahu pasti kapan munculnya makanan ini, namun rumornya sudah ada sejak zaman Belanda Jepang. Yang membuat unik dan lain dari pada yang lain dari makanan ini adalah dari penyajiannya. Makanan ini penyajiannya menggunakan pincuk daun pisang yang tentunya menambah cita rasa ketika anda makan.

Asal usul namanya pun tidak jelas, karena nama makanan ini sudh turun temurun. Akhirnya menjadi makanan legendaris. Untuk soal harga jangan anda tanyakan lagi, cukup merogoh kantong 5 ribu rupiah saja anda sudah dapat menikmatinya.

3. Sego Koyor

Makanan khas berikutnya juga memiliki nama yang cukup unik. Namanya yakni sego koyor, koyor sendiri merupakan urat sapi. Urat sapi ini berbeda dengan lemak atauh gajih dan jeroan.

Dalam penyajiannya pun menggunakan daun pisang serta mereka hidangkan saat dalam keadaan panas. Sebagai pelengkapnya, sego koyor ini mereka tambah dengan tempe gimbal yaitu tempe goreng tepung. Makanan unik yang satu ini hanya dapat anda temui pada malam hari. Mereka mulai menjajakan dagangannya saat tengah malam. Mereka mulai berdagang setelah pukul 23.00.

Biasanya pedagang makanan ini berjualan pada sekitar Pasar balendo.

Bagaimana dengan harganya? Anda cukup hanya dengan 8 ribu rupiah saja per porsinya.

4. Sate Winong

Ada suatu daerah pada kota Purworejo ini yang terkenal dengan sate kambing. Dia adalah Desa Winong, pada wilayah ini banyak penjual sate kambing. Itulah mengapa mereka menamakannya sesuai dengan lokasi penjualannya.  Yang membuat berbeda dari sate ini adalah kecapnya. Kecap menggunakan kecap buatan sendiri. Misalnya kecap buatan Ngaspuri yang menggunakan bawang putih, lengkuas dan daun serai. Selain itu, pada saat menghidangkannya juga mereka tambahkan irisan daun jeruk. Kemudian mereka taborkan ke atas sate kambing tadi. Harga dari sate ini hanya 20 ribu rupiah saja per porsinya.

5. Jenang Krasikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: