Nyeri dan Bau Mulut Akibat Gusi Bengkak, Gunakan Bahan Alami Ini

Nyeri dan Bau Mulut Akibat Gusi Bengkak, Gunakan Bahan Alami Ini

Gusi bengkak dapat menyebabkan rasa nyeri serta bau mulut--

DISWAYJATENG – Rasa nyeri dan bau mulut merupakan efek dari gusi yang bengkak. Gusi bengkak dapat merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya bau mulut. Maka dari itu anda perlu mengatasi Gusi bengkak tersebut menghilangkan bau mulut.

Gusi bengkak merupakan masalah kesehatan yang biasanya karena beberapa hal, dari penumpukan plak hingga membentuk karang gigi. Bisa juga infeksi mikroba (bakteri, jamur,atau virus), kebiasaan menyikat gigi tlalu keras, kekurangan viatamin C dan lain-lain.

Tapi anda tidak perlu cemas, banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi gusi bengkak ini, antara lain :

1. Mengoleskan Bubuk Kunyit pada Gusi yang Bengkak

Cara yang pertama adalah anda dapat mengoleskan bubuk kunyit pada area yang membengkak. Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang bersifat antiinflamasi, sehingga pembengkakkan bisa mereda menggunakan bahan tersebut.

Anga dapat melarutkan bubuk kunyit tersbut menggunakan air hangat terlebih dahulu. Agar lebih optimal, anda sebaiknya melarutkan bubuk kunyit hanya sampai menjadi pasta/adonan kental.

Setelah itu oleskan adonan tersebut pada gusi yang bengkak dan biarkan selama 10 menit.

2. Berkumur dengan Sari Daun Jambu Biji

Berkumur menggunakan sari daun jambu biji juga dapat menjadi cara alami mengobati masalah ini. Karena sari daun jambu biji ini memiliki senyawa antimikroba sehingga mampu membunuh bakteri yang memicu terjadinya infeksi pada gusi tersebut. Caranya, anda tinggal merebus 6 sampai 7 lembar daun jambu biji pada air dengan api kecil selama 10 menit. setelah itu anda tuangkan sari daun jambu tersebut ke dalam gelas dan tunggu hingga dingin.

Gunakan larutan tersebut untuk kumur selama 30 detik. Lakukan tiga kali sehari.

3. Berkumur Larutan Air Garam

Selanjutnya adalah berkumur mengunakan air garam. Bukan hanya sebagai obat radang tenggorokan alami, berukumur air garam mampu meredakan rasa nyeri akibat bengkaknya gusi.

Air garam ini mengandung senyawa anti radang yang dapat meredakan pembengkakan pada gusi. Selain itu, air garam juga memiliki kandungan antiseptic sehingga mampu mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.

Anda siapkan satu sendok teh garam kemudian larutkan dalam segelas air hangat. Setelah itu gunakanlah untuk berkumur selama 30 detik. Lakukan tiga kali dalam sehari.

4. Berkumur Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa atau biasa kita kenal dengan istilah oil pulling juga dapat menjadi cara alami obati pembengkakkan gusi. Hal ini karena minyak kelapa ini memiliki kandungan bernama asam laurat yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: