Apa Saja Syarat Qurban? Umat Muslim Wajib Tahu..

Apa Saja Syarat Qurban? Umat Muslim Wajib Tahu..

Sebelum berqurban, umat muslim harus tahu apa saja syarat qurban--

DISWAYJATENG – Ada beberapa syarat qurban yang umat muslim wajib ketahui. Ibadah qurban merupakan salah satu ibadah yang orang laksanakan satu tahun sekali pada hari raya Idul adha.

Untuk melaksanakan ibadah tersebut tentunya ada beberapa syarat, tata cara, dan aturan yang harus terpenuhi sesuai dengan syariat Islam.

Ibadah qurban merupakan ibadah yang umat muslim lakukan satu kali dalam setahun yang pelaksanaannya mulai pada hari raya Idul Adha. Yaitu 10 zulhijah hingga tiga hari ke depan. Hokum dari ibadah ini adalah sunnah bagi yang mampu.

Namun, ada juga cara lain yang bisa memudahkan semua orang untuk bisa melaksanakan ibadah ini yaitu dengan berpatungan. Cara seperti ini juga sah hukumnya serta boleh menurut mayoritas ulama.

Ibadah qurban sendiri merupakan sebagai bentuk ketaatan dan cinta kasih kita kepa Allah SWT. Seperti yang telah Al-Qur’an ceritakan dalam kisah Nabi Ibrahim dan Ismail.

Pada waktu itu beliau secara sukarela dan ikhlas karena kecintaannya kepada Allah SWT rela untuk mengikuti perintahNya. Perintah untuk menyembelih Ismail anak kesayangannya yang kemudian Allah gantikan dengan seekor kambing.

Syarat Qurban

Ada beberapa syarat yang wajib anda ketahui. Syarat tersebut adalah syarat untuk umat muslim yang ingin melaksanakan ibadah qurban. Juga syarat hewan yang akan menjadi hewan qurban, syarata penyembelihan hingga syarat pembagian daging qurban.

1. Syarat Umat Muslim yang Ingin Qurban

Ada beberapa syarat yang harus umat muslim penuhi terlebih dahulu antara lain :

a.  Muslim

Dapat Syarat yang paling utama tentunya adalah seorang muslim. Karena ibadah ini merupakan ajaran  umat muslim.

b. Mampu

Berqurban memang sunnah hukumnya bagi yang mampu. Bagi uamt muslim yang belum mampu atau tidak mampu tidak harus memaksakan diri untuk melakukan ibadah ini.

Mampu dalam hal ini adalah seseorang yang dapat menyelesaikan nafkah keluarganya sehingga memiliki rejeki yang lebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: