Pipa Rokok Gading, Tulang dan Kayu Begini Cara Membedakannya

Pipa Rokok Gading, Tulang dan Kayu Begini Cara Membedakannya

Pipa roko gading gajah memiliki perbedaan dengan yang terbuat dari tulang dan kayu--

DISWAYJATENGPipa rokok gading gajah akhir-akhir ini menjadi tren pada kalangan perokok. Banyak juga yang rela merogoh kantong yang tidak murah juga untuk mendapatkan pipa gading ini.

Bagi yang masih awam tentunya masih mengalami kesulitan untuk membedakan pipa gading asli atau palsu. Mungkin sebagian besar bingung membedakan keaslian pipa yang satu ini dengan bahan lain seperti tulang, fiber atau kayu.

Seniman dan pembuat gading telah membuat gading tiruan untuk membuat pahatan yang mirip dengan gading. Tetapi tentu saja ada cara untuk mengetahui mana gading yang asli ataupun palsu.

Untuk lebih jelasnya kita simak penjelasannya.

Gading Gajah Lebih Berat daripada Tulang

Untuk gading gajah sendiri mempunyai sifat seperti baja, kuat namun mudah patah sehingga harap berhati-hati bagi yang menggunakan pipa gading. Jangan sampai terjatuh ataupun terkena benturan yang keras.

Pipa  gading yang asli akan terlihat halus dan mengkilap seperti ada lapisan kaca. Semakin anda gosok akan semakin mengkilap. Mengeluarkan serat yang halus seperti serat kayu jati hanya seratnya lebih padat.

Serat satu dengan serat lainnya jaraknya sangat dekat, terlihat berbobot, berat, padat dan berisi.

Pipa  Kayu Jauh Lebih Ringan

Pipa  kayu jauh lebih ringan jika anda bandingkan dengan tulang, apalagi gading. Untuk mengetahuinya pun sangat gampang. Misal ada orang yang menawarkan pipa dari kayu dan mereka bilang gading, anda cukup memegang dan mengetahui beratnya terasa.

Pipa Rokok dari Tulang

Pipa yang bahannya dari tulang kebanyakan yang mereka gunakan adalah tulang sapi. Pipa rokok ini lebih ringan jika kita bandingkan dengan gading. Selain itu dari segi warna juga berbeda karena pada tulang terlihat hampir tidak memiliki serat.

Biasanya pipa rokok dari tulang terlihat mengkilap bersih. Walaupun si pembuat menyamakan warna dengan gading tetap bisa kita ketahui dari segi berat. Jika pipa tulang kita benturkan ke lantai atau keramik suaranya tidak nyaring seperti gading.

BACA JUGA:Liburan Sekolah Bermanfaat, Begini Tipsnya..

Nah demikianlah cara mengetahui keaslian pipa rokok gading gajah dengan tiruan. Semoga bisa bermanfaat bagi anda.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: