Teknik Pernapasan Yoga yang Wajib Kamu Kuasai, Pranayama!

Teknik Pernapasan Yoga yang Wajib Kamu Kuasai, Pranayama!

DISWAY JATENG- Teknik pernapasan yoga, yang terkenal sebagai pranayama, merupakan komponen penting dalam praktik yoga.--Istimewa

DISWAY JATENG- Teknik pernapasan yoga, yang terkenal sebagai pranayama, merupakan komponen penting dalam praktik yoga. Untuk itu menjadi suatu hal yang harus untuk kamu menguasai teknik pernapasan ini.

Berikut Teknik Pernapasan Yoga yang Benar

1. Nafas Perut (Abdominal Breathing)

Ambillah posisi yang nyaman, baik dalam posisi duduk atau berbaring. Letakkan satu tangan di perut Anda. Tarik napas perlahan melalui hidung, rasakan perut Anda mengembang seperti balon. Pada saat menghembuskan napas, perlahan-lahan biarkan perut turun. Fokuskan pernapasan Anda untuk memperdalam dan memperlambat aliran napas.

2. Nafas Dada (Chest Breathing)

Selanjutnya dalam posisi yang sama dengan nafas perut, letakkan tangan di dada. Kemudian tarik napas melalui hidung dan rasakan dada Anda mengembang ke samping dan ke atas. Oelh karena itu saat menghembuskan napas, biarkan dada turun perlahan. Sadari dan konsentrasikan pernapasan pada daerah dada.

3. Nafas Tiga Bagian (Three-Part Breath)

Kemudian ambillah posisi yang nyaman dan perhatikan tubuh bagian atas, tengah, dan bawah. Lalu tarik napas perlahan melalui hidung. Pertama, isi perut dengan napas sehingga perut mengembang. Kemudian, isi dada sehingga dada mengembang. Terakhir, isi bagian atas paru-paru sehingga punggung bagian atas terasa sedikit mengembang. Saat menghembuskan napas, keluarkan napas dari bagian atas, dada, dan perut.

4. Nafas Ujjayi (Victorious Breath)

Selanjutnya dalam posisi duduk atau berdiri dengan nyaman, buka mulut sedikit dan tarik napas melalui hidung dengan perlahan. Kemudian sasa gesekan pada belakang tenggorokan saat menghirup dan menghembuskan napas. Setelah itu ketika Anda menghembuskan napas, kontraksikan otot belakang tenggorokan seperti sedang memperpanjang suara "ha" tanpa bersuara. Praktik ini dapat memberikan efek menenangkan dan membantu konsentrasi dalam praktik yoga.

5. Nafas Nadi Shodhana (Alternate Nostril Breathing)

Gunakan jari telunjuk dan jari tengah tangan kanan. Tutup lubang hidung kanan dengan jari telunjuk, hirup napas melalui hidung kiri. Tutup lubang hidung kiri dengan jari tengah dan tahan napas sejenak. Lepaskan jari telunjuk dari lubang hidung kanan, hembuskan napas melalui hidung kanan. Hirup napas melalui hidung kanan, tutup lubang hidung kanan dengan jari telunjuk, dan tahan napas sejenak. Teruskan pola ini secara berulang, menghirup dan menghembuskan napas melalui kedua lubang hidung secara bergantian.

Praktik pernapasan dalam yoga membutuhkan kesabaran dan fokus. Pastikan untuk mempraktikkan pernapasan dengan santai, teratur, dan menghormati batas tubuh Anda. Seiring berjalannya waktu, teknik pernapasan ini dapat membantu meningkatkan kualitas pernapasan, relaksasi, dan konsentrasi dalam praktik yoga Anda. Penting untuk belajar dari instruktur yoga yang berpengalaman atau menghadiri kelas yoga untuk mendapatkan panduan yang lebih rinci dan tepat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber