Pentingnya Sedot WC, Jika Telat Bisa Bahaya Bagi Kesehatan

Pentingnya Sedot WC, Jika Telat Bisa Bahaya Bagi Kesehatan

Pentingnya sedot WC serta kapan waktunya sangat berpengaruh bagi kesehatan lingkungan--

DISWAYJATENG – Tahukah anda pentingnya sedot WC dan kapan harus anda lakukan. Permasalahan WC mampet sangat mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Rutinitas pagi hari sering berkaitan dengan buang air besar. Aktifitas ini akan sangat terganggu dengan kondisi WC yang mapet.

Sedot WC ini sangat penting anda lakukan untuk mencegah penuhnya septitank. Alangkah baiknya sedot WC ini anda lakukan setahun tiga kali, jangan menunggu mampet.

Kemudian anda tentunya bertanya-tanya kapan sebaiknya anda melakukan sedot WC ini? Anda tidak perlu menunggu septitank anda penuh dan mampet untuk menjadi ukuran kapan anda harus sedot.

Waktu Sedot WC

Melansir dari halaman dpu.kulonprogokab.go.id, kegiatan ini idealnya anda lakukan tiga tahun sekali . Hal tersebut berguna untuk mengurangi beban pencemaran air tanah serta permukaan tanah.

Jangka waktu inilah yang terkadang sering anda abaikan. Sering kali orang menunggu WC nya mampet dahulu sebelum melakukan sedot WC.

Selain itu juga demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat bersana agar air tanah tidak tercemar. Banyak orang yang tidak memperdulikan maslah septitank. Banyak juga orang yang sampai 10 tahun tak kunjung menyedot WC nya.

Padahal, ini akan sangat berdampak buruk pada kebersihan air lingkungan mereka. Jadi selain untuk mencegah mampet, sedot WC juga dapat menghindari tercemarnya air tanah lingkungan mereka tinggal.

Pentingnya Sedot WC Bagi Kesehatan

Dengan melakukan sedot WC tiga kali dalam setahun, air limbah domestic akan terolah dengan baik. Septitank atau tanki septik memerlukan ruang cukup untuk dapat mengolah limbah domestic.

Jika lumpur tinja hasil pengolahan tidak anda sedot atau tanki septik tidak kedap, air limbah domestic dri toilet akan langsung keluar dari tanki septik tanpa sempat terolah.

Padahal air limbah domestic tersebutmengandung banyak mikroorganisme penyebab penyakit yang berdampak bagi kesehatan manusia. Penyakit-penyakit berbasis air seperti ntifus, diare dan disentri yang timbul dari bakteri salmonella thyposa, Escherichia coli, serta shigella sering terjadi karena air tanah tercemar oleh air limbah domestik.

BACA JUGA:Ini Dia Teknik Memancing Agar Profesional, Nomor 4 Gampang Banget

Nah, setelah tahu penjelasan terkait kapan dan pentingnya sedot WC ini masihkah anda menunggu WC anda mampet dahulu? (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: