6 Makanan Pelancar Susah Buang Air Besar, Nomor 4 sering Kita Temui

6 Makanan Pelancar Susah Buang Air Besar, Nomor 4 sering Kita Temui

Makanan ini dapat melancarkan susah buang air besar--

DISWAYJATENG – Pernah mengalami susah buang air besar? Hampir setiap orang tentu pernah mengalaminya. Tentunya akan sangat mengganggu aktifitas anda jika mengalami hal ini.

Sembelit atau konstipasi dapat terjadi karena beberapa hal, mulai dari kurang minum, pola makan yang buruk hingga kurang bergerak aktif. Namun, factor makanan sangat berperan cukup besar dalam persoalan ini.

Ketika anda mengalami hal tersebut, kebanyakan orang selalu mencari obat untuk melancarkan BAB. Namun, sejatinya and tidak perlu mengonsumsi obat-obatan. Mengonsumsi makanan pelancar BAB juga bisa menjadi solusi untuk masalah ini.

Jenis makanan yang mengandung serat mampu melancarkan sistem pencernaan sehingga memudahkan buang air besar. Sehingga anda tidak harus mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasinya.

Makanan Pelancar Susah Buang Air Besar

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan tinggi serat yang efektif mengatasi susah buang air besar.

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kubis dan brokoli merupakan makanan tinggi serat yang baik untuk anda konsumsi saat sembelit. Kandungan serat dalam sayuran hijau dapat menambah volume dan melunkkan tinja, sehingga lebih mudah anda keluarkan.

2. Buah kiwi

Studi menyebutkan bahwa mengonsumsi dua buah kiwi setiap hari selama 2 minggu dapat menghasilkan pergerakan usus yang lebih cepat dan tinja yang lunak. Hal ini berkat kandungan serat dan enzim aktinidin dalam kiwi yang bermanfaat untuk melunakkan tinja dan meningkatkan gerakan usus.

3. Buah apel

Apel mengandung serat larut air yang bernama pectin. Ketika mencapai usus, pectin dalam apel langsung menjadi asam lemak yang dapat menarik air ke usus besar untuk melunakkan tinja. Selain itu, pectin juga dapat meningkatkan gerakan usus sehingga dapat mempercepat pengeluaran tinja.

4. Ubi jalar

Seperti buah apel, ubi jalar juga mengandung pectin. Selain itu, ubi jalarmengandung anyak serat tidak larut dalam bentuk selulosa dan lignin. Kedua jenis serat ini dapat membantu pergerakan usus dengan menambah volume tunja sehingga bermanfaat untuk melancarkan BAB bagi penderita sembelit.

5. Kacang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: