Film "Mbutik" Tayang di CGV Transmart, Ini Sinopsisnya

Film

Film Mbutik--

BREBES, DISWAYJATENG.ID – Film 'Mbutik' yang berhasil mendapatkan tiga penghargaan di sejumlah Festival Film bertaraf internasional sebagai drama terbaik segera tayang di CGV Transmart Tegal.

Film fenomenal karya sinematografi dari sineas muda kelahiran Brebes , Jawa Tengah, Rizal Wimba ini berhasil menembus 3 festival film internasional di tahun 2022. 

Kedua festival film yang diikuti yakni dalam ajang 4th Dimension Internasional Film Festival tahun 2022 di Ubud Bali. Kemudian dua penghargaan lainnya didapat dari festival film di Swedish International Film Festival serta sebagai pemenang film feature di India.

Film Mbutik ini tayang di CGV Transmart Tegal mulai 1 Juni 2023 ini.

Semua peran aktor maupun aktris yang terlibat dalam film tersebut, merupakan para sineas lokal asal Kota Bawang Merah. Termasuk lokasi syuting dalam pembuatan film berada di wilayah Kabupaten Brebes. 

Dialog dalam film Mbutik pun menggunakan bahasa ngapak dengan menggunakan dialek Brebesan dan dibubuhi subtitle bahasa Indonesia dan Inggris.

Sinopsis Film Mbutik

Film karya Rizal Wimba, sineas asal Kabupaten Brebes ini menceritakan kehidupan petani bawang merah saat ini, yang tidak seindah dahulu.

Film Mbutik yang berdurasi sekitar 90 menit merupakan film bergenre drama.

Film Mbutik mengisahkan perjuangan seorang anak bernama Rara yang ingin membantu perjuangan orangtuanya yang merupakan petani bawang merah.

Rara ingin memperbaiki ekonomi keluarga dan warga di desanya. Sebagai petani bawang, warga selama ini kerap dipermainkan oleh tengkulak. Harga panen pun tak sepadan. Lebih sering merugi dan tumbuh hutang.

Rara lalu mencoba membantu keluarga dan petani bawang lainnya dengan cara sendiri. Namun upayanya tidak mudah. Ia mendapat banyak pertentangan yang balik menjeratnya.

Rizal mengatakan, film tersebut juga menjadi harapan para petani bawang merah di Brebes yang menginginkan harga lebih baik.

Karena selama ini harga bawang cenderung tidak stabil, selalu naik turun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: