Cara Mengajarkan Etika Ketika Makan Pada Anak, Mom Wajib Tau!

Cara Mengajarkan Etika Ketika Makan Pada Anak, Mom Wajib Tau!

--

DISWAYJATENG.ID - Mengajarkan etika ketika makan kepada anak tidak hanya mempengaruhi perilaku mereka saat makan, tetapi juga membantu mereka mengembangkan sikap yang bertanggung jawab, sopan santun, dan menghargai keberagaman. 

Berikut cara efektif untuk mengajarkan etika ketika makan kepada anak

 

1. Jadikan makanan menjadi pengalaman bersama

Makan bersama merupakan kesempatan yang baik untuk mengajarkan etika ketika makan kepada anak. Jadikan waktu makan sebagai momen untuk berkumpul bersama sebagai keluarga.

Ajarkan kepada anak tentang pentingnya menghargai momen bersama, berbicara dengan sopan, dan mendengarkan dengan penuh perhatian saat sedang makan.

Ini juga merupakan kesempatan untuk membicarakan kepentingan makanan sehat dan membangun hubungan yang positif dengan makanan.

2. Contohkan etika makan yang baik

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka. Oleh karena itu, penting bagi orang tua atau pengasuh untuk memberikan contoh etika makan yang baik.

Tunjukkan sikap yang sopan, seperti menggunakan alat makan dengan benar, mengunyah dengan mulut tertutup, dan mengucapkan terima kasih setelah makan.

Jika anak melihat dan mengamati orang dewasa menghargai etika makan, mereka lebih cenderung mengikutinya.

3. Ajarkan keterampilan makan yang benar

Berikan penjelasan tentang penggunaan alat makan, seperti sendok, garpu, dan pisau, serta cara menggunakannya dengan benar.

Jelaskan pula tentang kebersihan saat makan, seperti mencuci tangan sebelum dan setelah makan, menggunakan serbet, dan menjaga meja tetap rapi.

Mengajarkan keterampilan makan yang benar membantu anak memahami pentingnya tata krama dan higienitas ketika makan.

4. Berikan penekanan pada penghargaan terhadap makanan

Ajarkan anak tentang penghargaan terhadap makanan dan kerja keras yang dilakukan untuk mempersiapkannya. Bicarakan tentang proses tumbuhnya makanan, bagaimana petani bekerja untuk menghasilkan makanan, dan pentingnya tidak menyia-nyiakan makanan.

Dorong anak untuk menghargai setiap hidangan yang tersajikan dan untuk tidak bersikap ceroboh atau membuang makanan secara sembarangan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: