Bersihkan Bunga Es, Begini Caranya..

Bersihkan Bunga Es, Begini Caranya..

Membesihkan bunga es dengan benar dapat menjadikan kulkas awet--

DISWAYJATENG – Dampak buruk bunga es dalam kulkas serta cara membersihkannya dapat kita lakukan sendiri dengan mudah. Meskipun munculnya bunga es pada kulkas satu pintu merupakan hal yang wajar, akan tetapi kondisi ini tetap bisa berdampak buruk.

Jika anda membiarkannya bertumpuk terus menerus dalam kulkas anda, maka dapat menyebabkan beberapa hal berikut ini:

Dampak Buruk Munculnya Es

  1. Kapasitas ruang penyimpanan berkurang

Ketika  mulai muncul pada kulkas dan anda tidak ada rencana untuk membersihkannya, maka akan berdampak kurang baik bagi kinerja kulkas anda.

Efek kurang menguntungkan kehadiran  es pada kulkas yang pertama adalah kapasitas ruang penyimpanan menjadi berkurang.

  1. Sulit menata barang

Penumpukan bunga es pada kulkas yang terlalu parah akan menyebabkan anda mengalami kesulitan untuk menata barang. Hal ini tentu saja membuat anda akan kesulitan ketika akan mencari dan mengambil barang yang anda simpan dalam kulkas.

  1. Makanan menjadi lebih cepat busuk

Penumpukan es yang tebal pada freezer akan menutupi selang atau saluran udara dingin dari freezer ke dalam kulkas. Kondisi ini menyebabkan suhu dingin tidak tersalurkan secara optimal .

Akibat kurang dingin yang maksimal inilah yang bisa menyebabkan bakteri pembusuk cepat berkembang sehingga menyebabkan makanan yang tersimpan menjadi lebih cepat busuk.

 

Cara Membersihkan Bunga Es Kulkas

1. Cabut stop kontak

Cara pertama yang paling mudah untuk membesihkannya  adalah dengan mencabut stop kontak atau colokan kulkas. Dengan begitu maka kulkas akan berhenti bekerja dan lama kelamaan es yang ada dalam kulkas akan mencair.

Setelah bunga es mencair, baru kemudian kita mulai menglap rak, wadah atau dinding bagian dalam kulkas dengan lap kering.

2. Kompres dengan kain

Cara ini mungkin agak terdengar aneh dan jarang orang lakukan. Caranya dengan mengompres es menggunakan kain atau lap kanebo yang biasa untuk mencuci motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: