Cara Rawat Rantai Motor, Lakukan Nomor 4 Jika Perlu!

Cara Rawat Rantai Motor, Lakukan Nomor 4 Jika Perlu!

Rantai motor yang kendor dapat membahayakan bagi pengendara--

DISWAYJATENG – Rantai motor kendor sangat mengganggu kenyamanan saat berkendara.  Sepeda motor sering kita andalkan sebagai alat transportasi sehari-hari. Pada masyarakat Indonesia, motor sudah menjadi alat transportasi utama. Saat ini, banyak tipe dan jenis motor yang beredar.

 Pada dasarnya motor memiliki 3 sistem penggerak yaitu belt,rantai dan gear atau garden.

Ketiga sistem penggerak itu memiliki kelebihan dan kekurangaan yang berbeda juga. Saat ini, beberapa jenis motor juga menggunakan penggerak yang berbeda-beda.

Kali ini kita akan membahas motor dengan penggerak  rantai. Karena jenis ini yang paling banyak masyarakat gunakan. Penggerak rantai ini memiliki kelebihan tenaga yang mesin hasilkan dapat terinduksi dengan baik sehingga kinerja mesin dapat menjadai optimal juga laju motornya.

Cara Merawat Rantai Motor

Nah, agar rantai motor dapat bekerja lebih lama atau awet, sobat harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Kencangkan rantai

Dalam masa pemakaian rantai pasti akan mengalami pengendoran. Ini wajar, karena sendi-sendi rantai mengalami pemuaian yang kalau terus anda biarkan nantinya akan mempengaruhi kinerja pergerakan roda.

Lakukan pengecekan berkala, jika rantai terlihat kendor segera kencangkan.

2. Berikan pelumas atau oli yang bagus

Setelah rantai kita bersihkan jangan lupa untuk membeikan pelumas rantai lagi. Semprotkan pelumas secara merata ke setiap bagian sendi-sendi rantai.

3. Bersihkan dari pelumas yang semakin menebal

Pemberian pelumas pada rantai merupakan hal yang penting. Namun, pemberian pelumas ini juga dapat menimbulkan penebalan pada rantai. Ini akan berdampak pada semakin beratnya sendi-sendi rantai yang berputar untuk menarik roda.

Segera lakukan pembersihan jika sudah terlihat penebalan pelumas pada rantai.

Caranya menggunakan sabun cuci piring lalu campurkan dengan bensin kemudian sikat pada bagian rantai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: