Sekretariat DPRD Brebes Launching One Stop Service Digital

Sekretariat DPRD Brebes Launching One Stop Service Digital

Sekretaris DPRD Brebes dan jajarannya berpose bersama dengan unsur pimpinan DPRD, perwakilan Dinkominfotik dan media.--

BREBES, DISWAYJATENG.ID - Sekretariat DPRD (Setwan) Kabupaten Brebes, melaunching layanan digital One Stop Service (OSS) atau layanan satu pintu berbasis digital di ruang paripurna lantai 1, Rabu (17/5) kemarin. Tiga program digital yang diluncurkan dalam OSS tersebut adalah Website-Simpen Bakwan-Disfo Setwan.

Launching OSS tersebut ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Brebes, Komar SE yang diberikan kepada unsur DPRD Brebes yang diwakili Ketua Komisi I  Heri Fitriansyah, perwakilan Dinkominfotik Brebes dan perwakilan dari media.

Sekretaris DPRD Kabupaten Brebes, Komar menyambut baik dengan layanan OSS tersebut untuk menjawab kebutuhan. Apalagi, semakin tingginya tingkat kegiatan kesekretariatan yang membuat jajaran Setwan Brebes terus melakukan inovasi untuk menyesuikan dengan era digital saat ini.

Kepala Bagian (Kabag) Fasilitas Penganggaran dan Pengawasan Nurokhman SE MM mengatakan, OSS tersebut merupakan terobosan untuk mengoptimalisasi pelayanan di DPRD. Diantaranya adalah tersedianya akses informasi bagi masyarakat tentang aktivitas dan kegiatan DPRD dan Sekretariat yang dapat diakses melalui website dprd.brebeskab.go.id

Website tersebut menjadi jendela informasi untuk masyarakat umum. Ditambah lagi adanya platform layanan informasi digital yakni Disfo Setwan. Kemudian, layanan protokoler juga penerimaan tamu dapat dilayani melalui aplikasi Simpen Bakwan, yaitu singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Penerimaan Tamu Berbasis Android. Nantinya, setiap tamu yang berkunjung baik tamu dari luar daerah yakni untuk kepentingan kedinasan, terkait pertukaran informasi menyangkut layanan di DPRD bisa dilayani secara cepat dan tepat. Yakni, mulai penerimaan tamu, administrasi, pelaksanaan diskusi atau sharing hingga dokumentasi kegiatan bisa dilaksanakan satu tempat.

"DPRD ini kan rumah rakyat, harus membuka diri. Tidak hanya tamu Setwan tapi tamu DPRD pun sama mendapatkan pelayanan OSS ini. Jadi tamu tidak usah menunggu berjam-jam, tinggal registrasi kemudian ketemu siapa, bahkan untuk SPPD pun bisa disitu. Di OSS ini disitu juga tamu kita kenalkan UMKM produk Brebes." 

Melalui OSS ini, lanjut Nurokhman, setiap tamu  akan mendapatkan pelayanan prima. OSS tersebut, dilengkapi beberapa fasilitas pendukung. Di antaranya, ruang penerima tamu, ruang backdrop untul dokumentasi, fasilitas untuk pemutaran dokumentasi terkait kegiatan di DPRD, ruang tim publikasi Humas hingga pojok UMKM. “Saat ini semua fasilitas itu sudah kami sediakan, dan telah dioperasikan. Termasuk administrasi SPPD juga satu tempat,” ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: