Perbedaan Wudhu dan tayamum!

Perbedaan Wudhu dan tayamum!

Perbedaan Wudhu dan tayamum!-disway jateng-

JATENG.DISWAY.IDTayamum adalah bersuci menggunakan debu sedangkan wudhu bersuci menggunakan air, inilah perbedaanya dengan Tayamum.

BACA JUGA: https://jateng.disway.id/read/654838/manfaat-mandi-sebelum-subuh-menurut-islam

Caranya pun berbeda jika menggunakan debu kita lakukan hanya untuk mengerjakan sholat fardu saja akan tetapi jika dengan air tidak batal sebelum kita membatalkannya.

 

Perbedaan antara lain jika tayamum cincin wajib kita buka karena debu tidak bisa masuk. Akan tetapi wudhu cincin tidak kita buka tidak apa-apa karena air akan tetap masuk pada bagian yang tertutup cincin.

Dalam Kitab Al Imam As Shofa yang berjudul al-wafi Bil wafayat.

Menyebutkan para ulama-ulama terdahulu saya dapati mereka ketika berwudhu cincin Mereka ada pada tangan Mereka.

Karena dalam wudhu menggerak-gerakkan air sehingga bisa masuk sedangkan tayamum harus kita lepas.

Perbedaan yang lainnya adalah ketika berwudhu sunnahnya tiga kali  usapan tapi kalau tayamum tiga kalinya makruh. Walaupun dalam wudhu membasuk 3 kali adalah sunnah tetapi jika kita ingin melakukannya 1 kali basuhan juga tidak apa-apa.

 

Akan tetapi dalam menggunakan debu membasuh 3 kalinya makruh maka lakukan caranya sesuai apa yang ula ajarkan kepada kita.

Jadi intinya selama masih ada air lakukanlah wudhu dengan rukun dan wajib yang ada akan tetapi jika keadaan tidak memungkinkan boleh kita untuk bertayamum.

Mungkin itu saja perbedaannya yang harus kalian ketahui, semoga bisa bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait