5 Manfaat Daun Pandan untuk kesehatan!

5 Manfaat Daun Pandan untuk kesehatan!

5 Manfaat Daun Pandan untuk kesehatan!-disway jateng-

JATENG.DISWAY.ID – Daun pandan sering kita jumpai pada pekarangan rumah maupun pasar, dan banyak manfaatnya pada daun pandan.

BACA JUGA:https://diswayjateng.com/manfaat-buah-pepaya/

Menurut Dokter Ferry daun ini berwarna hijau  berbentuk menyerupai pedang  dan mempunyai nama ilmiah pandanus amaryllifolius.  Dan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dengan kandungan Vitamin A B1 B2 B3 vitamin C karotenoid dan nutrisi.

 

Daun ini mempunyai aroma yang khas dan sering sekali  kita gunakan sebagai pewangi dan pewarna alami.

Manfaatnya:

  1. Menjaga kesehatan mata

ini bisa membantu meningkatkan kesehatan mata dan mencegah resiko  munculnya kelainan pada mata seperti katarak dan degenerasi.

caranya siapkan 2 lembar daun  pandan lalu bersihkan dulu dan ikat  sehingga membentuk simpul lalu rebus dengan menggunakan lima gelas air sampai mendidih. lalu tunggu sampai  hangat boleh tambahkan madu secukupnya lalu minum 1-2 kali dalam sehari.

  1. Mengatasi nyeri sendi

dengan kandungan zat aktif mampu mengatasi rasa nyeri pada sendi. Caranya oleskan dengan campuran minyak kelapa pada bagian sendi yang nyeri.

  1. Mengontrol kadar gula  

kandungan beberapa zat  aktifnya mampu mengontrol kadar gula darah dengan cara meningkatkan produksi hormon insulin.

caranya siapkan 2 lembar lalu bersihkan dan ikat sehingga membentuk simpul  kemudian rebus menggunakan lima gelas air sampai mendidih. lalu tunggu sampai hangat boleh  tambahkan madu secukupnya lalu siap untuk kita minum 1-2 kali dalam sehari

  1. Mencegah kanker

asupan vitamin A vitamin C  yang terkandung dalam daun pandan dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan  akibat zat radikal bebas.

  1. Untuk menjaga kesehatan kulit

betakaroten dan vitamin C mempunyai kemampuan dalam menjaga  kesehatan kulit. Dengan cara melindungi  kulit terhadap paparan radiasi sinar ultraviolet.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: