30 Persen Calon Haji Asal Brebes Lanjut Usia

30 Persen Calon Haji Asal Brebes Lanjut Usia

Ratusan calhaj antusias mengikuti latihan manasik haji sebagai syarat sebelum berangkat ke tanah suci.--

BREBES, DISWAYJATNG.ID - Kantor Kemenag Brebes mencatat 30 persen dari total calon jamaah haji di Kabupaten Brebes itu berumur lansia. Hal itu disampaikan oleh Plt Kasi Haji dan Umroh Kemanag Kabupaten Brebes Faedurrohim ditemui dalam acara bimbingan teknis manasik haji di Islamic Center Brebes, Rabu (10/5).

"Total calon jamaah haji asal Kabupaten Brebes mencapai 770 orang. Sekitar  persennya masuk kategori lansia," katanya. 

Dia menjelaskan, untuk saat ini pihaknya masih melakukan tahapan sebelum berangkat ke Solo. Salah satunya, mereka harus mengikuti bimtek manasik haji selama dua hari. Hari pertama terkait teori dan hari kedua terkait praktik. Setelah menggelar manasik haji di tingkat kabupaten, manasik haji juga bakal digelar di tingkat kecamatan selama enam hari.

"Setelah selesai megikuti manasik haji tingkat kabupaten, selanjutnya akan mengikuti manasik haji di tingkat kecamatan," imbuhnya.

Dia menyebutkan, untuk calon jamaah haji asal Kabupaten Brebes diprediksi masuk pada kloter 32, 33, 34 dan kloter 35. Dari empat kloter itu, dua kloter yakni kloter 33 dan kloter 34 merupakan calon jamaah haji utuh asal Brebes. "Untuk kloter yang utuh asli Kabupaten Brebes baru kloter 33 dan kloter 34. Sedangkan kloter 32 dan kloter 35 sepertinya tidak utuh," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: