UPDATE! Kapolres Luruskan Berita Bus Kecelakaan di Guci; 1 Korban Meninggal Dunia, 31 Luka-luka

UPDATE! Kapolres Luruskan Berita Bus Kecelakaan di Guci; 1 Korban Meninggal Dunia, 31 Luka-luka

UPDATE! Kapolres Luruskan Berita Bus Kecelakaan di Guci; 1 Korban Meninggal Dunia, 31 Luka-luka --

TEGAL, DISWAYJATENG.ID- Bus kecelakaan di sekitar Obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal memakan korban jiwa. 1 orang dikabarkan meninggal dunia, sementara 31 lainnya mengalami luka-luka.

Kepada wartawan, Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun menjelaskan, bus yang kecelakaan di Guci tersebut adalah kecelakaan tunggal. Bus tersebut bukan masuk jurang seperti banyak diberitakan, melainkan masuk sungai. Tepatnya di Sungai Awi di sekitar kawasan Objek Wisata Guci, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Minggu (7/5/2023). 

Menurut Kapolres, saat ini polisi fokus melakukan evakuasi para korban luka-luka ke Puskesmas Bojong, klinik, dan rumah sakit setempat.

BACA JUGA:Detik-detik Bus Pariwisata Masuk Jurang di OW Guci Tegal

Jadi, kami masih fokus penanganan korban terlebih dulu. Untuk masalah kasus itu, tunggu saja dulu hasil perkembangannya, katanya.

Dia mengatakan untuk memudahkan penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara (TKP), polisi telah memasang garis polisi di lokasi kejadian. Terkait penyebab kecelakaan tersebut, dia mengatakan semuanya masih dalam penyelidikan lebih lanjut.

Sementara berdasarkan Informasi dari relawan BPBD Kabupaten Tegal menyebutkan , kecelakaan mengakibatkan 31 orang mengalami luka-luka, 6 korban selamat dan 1 korban meninggal dunia.

Semua korban yang ada di bus sudah dievakuasi dan sebagian dibawa ke RSUD dr Soeselo Slawi, sebagian lagi ada yang dibawa ke Puskesmas Bumijawa. 

Dugaan sementara penyebab bus Duta Wisata asal Tangerang masuk jurang di Sungai Awu itu berawal ketika sopir bus sedang memanaskan mesin di lokasi parkir.

Sopir bus kemudian pergi meninggalkan bus dengan kondisi mesin hidup. Namun, tiba-tiba bus terjun ke sungai tepat di bawah areal parkir hingga posisi akhir terguling di sungai.

Kepala Disporapar Kabupaten Tegal, Ahmad Uwes Qoroni, mengungkapkan peristiwa naas tersebut terjadi sekitar pukul 08.30 WIB dan posisi bus sedang terparkir. 

Bus membawa rombongan peziarah asal Tangerang Banten dengan tujuan akhir ke Guci. Rombongan peziarah majelis taklim dari Serpong, Tangerang Banten itu bahkan sudah sempat menginap satu malam di Guci. 

"Jadi posisi bus saat itu sedang parkir, kemungkinan ada kesalahan teknis dari pengemudi sampai akhirnya bus melaju sendiri ke bawah, tidak terkendali sampai masuk ke sungai yang posisinya dekat dengan area parkiran," ungkap Uwes, kepada media.

Setelah kejadian, tim relawan dari BPBD, Tagana, TNI-Polri, termasuk warga dan pengunjung wisata langsung memberikan bantuan dan penanganan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: