DLH Komitmen Maksimalkan Potensi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat

DLH Komitmen Maksimalkan Potensi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat

Sekda Widodo Joko Mulyono didamping kepala DLH melihat langsung pengelolaan sampah di Desa Balapulang Wetan, kemarin.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI (Disway Jateng) - Paska lebaran Sekda Widodo Joko Mulyono didampingi Kepala DLH Kabupaten Tegal Muchtar Mawardi SKM MKes  melakukan sidah sampah di Desa Balapulang Wetan Kecamatan Balapulang. 

 

Dari hasil sidak tersebut pemerintah Desa Balapulang Wetan berkomitmen untuk melakukan penyempurnaan pengelolaan sampah dengan memaksimalkan potensi pengelolaan sampah berbasis masyarakat.

 

"Alhamdullilah ada solusi untuk segera melakukan langkah langkah nyata oleh pemerintah desa dengan DLH," ujarnya Sabtu ( 29/4) kemarin.

 

Ditegaskan bahwa pengelolaan sampah berbasis masyarakat  merupakan pendekatan pengelolaan sampah yang didasarkan pada partisipasi aktif masyarakat, pemerintah dan lembaga lainnya hanya sebagai motivator dan fasilitator.


--

Sementara itu kepala DLH , Muchtar Mawardi SKM , MKes berharap pengelolaan sampah yang melibatkan seluruh lapisan (partisipatif aktif) masyarakat, dapat menyadarkan masyarakat  bahwa permasalahan sampah merupakan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat.

 

"Langkah yang kami tempuh dalam memaksimalkan potensi pengelolaan sampah berbasis masyarakat diantaranya menyampaikan gagasan kepada masyarakat dan tokoh, membentuk tim pengelola sampah, mencari pihak yang mau membeli sampah atau pengepul, melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat, serta membuat dan menyebarkan informasi atau petunjuk tentang cara pengelolaan sampah kepada komunitas, hingga menyiapkan  fasilitas yang diperlukan bersama-sama," cetusnya.

 

Terkait dengan komponen pokok dalam pengelolaan mandiri diantaranya orang lokal yang mau menjadi perintis, penggerak dan pengabdi dalam pengelolaan sampah, dan adanya  komitmen kuat dari masyarakat, tokoh masyarakat, pemerintah dan swasta untuk melaksanakan dan mendukung program.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id