DLH Kabupaten Tegal Atasi Lonjakan Volume Sampah Lebaran

DLH Kabupaten Tegal Atasi Lonjakan Volume Sampah Lebaran

Pengangkutan sampah sistem lembur ang dilakukan DLH selama lebaran-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI (Disway Jateng) -  Sesuai prediksi awal, selama ramadan dan Idul Fitri 1444 Hijriah tahun ini, volume sampah yang dihasilkan masyarakat Kabupaten Tegal mengalami peningkatan. Namun peningkatan voume sampah ramadan dan Idul Fitri tahun ini relatif kecil dari perkiraan sebelumnya.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal, Muchtar Mawardi SKM , MKes menyatakan peningkatan volume sampah selama ramadan hingga lebaran tahun ini hanya 9, 2 persen dibandingkan sebelum ramadan.

 

"Kenaikan ini lebih rendah dari perkiraan kami sebelumnya sekitar 15% sampai dengan 20%. Hal ini karena desa desa  sudah mulai bergerak dalam kegiatan  pengurangan sampah," ujarnya Rabu ( 26/4) kemarin.

 

Pihaknya juga menyatakan , antisipasi lonjakan volume sampah selama ramadan dan lebaran juga sudah dilaikukan dengan menyiapkaqn petugas dengan pengetatan jadwal serta monoev oleh tim khusus.

 

"Selain itu kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang pengelolaan sampah ramah lingkungan juga sudah terlihat  adanya peningkatan yang cukup signifikan," cetusnya.

 

Terpisah plt Kabid PSLB3 Eko Supriyanto juga mengakui volume sampah mengalami lonjakan saat lebaran.

 

"Hal ini sebanding lurus dengan datangnya para pemudik dari berbagai kota ke wilayah Kabupaten Tegal. Namun semua sampah yang ada Insya Allah akan tertangani. Kami berlakukan sistem lembur untuk pengangukutan sampah saat malam lebaran dan selama lebaran hingga kini," ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id