SMP Muhammadiyah 3 Kota Tegal Adakan Pesantren Ramadan

SMP Muhammadiyah 3 Kota Tegal Adakan Pesantren Ramadan

PESANTREN RAMADAN – Siswa SMP Muhammadiyah 3 Kota Tegal mengikuti Pesantren Ramadan di sekolahnya.-Anam Syahmadani -Rateg

TEGAL, DISWAYJATENG.ID - SMP Muhammadiyah 3 Kota Tegal menyelenggarakan Pesantren Ramadan selama dua hari, Senin (17/4/2023) dan Selasa (18/4/2023). Kepala SMP Muhammadiyah 3 Kota Tegal Yuni Astuti SPd MPd mengatakan, Pesantren Ramadan diselenggarakan sekolahnya untuk mempertebal rasa cinta para siswa kepada Alquran.

“Kami berharap dapat mempertebal rasa cinta para siswa kepada Alquran sebagai perwujudan iman kepada kitab-kitab Allah, yaitu rukun iman yang ketiga,” kata Yuni.

Hari pertama Pesantren Ramadan diisi materi Pendidikan Agama Islam seperti Alquran, Fiqih, Akidah Akhlak, dan Syariat Islam. Untuk Syariat Islam, selain disampaikan dengan ceramah juga dengan menonton film tentang perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat serta para ulama Indonesia. Demikian juga tentang Fiqih, disajikan dengan sistem diskusi.

Dalam diskusi dibedah ibadah-ibadah fiqih yang dilaksanakan masyarakat untuk dapat menjadi bekal bagi para siswa ketika nanti terjun di tengah masyarakat. Sedangkan di hari kedua dilaksanakan kegiatan khotmil Quran. Kegiatan khotmil Quran dilaksanakan mulai pukul 08.00 dengan membaca mulai dari juz 1 hingga juz 30. Setiap siswa membaca 1 juz.

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: