Pendangkalan Parah, Tahun Ini 7 Saluran Irigasi Sekunder Bakal Dinormalisasi

Pendangkalan Parah, Tahun Ini 7 Saluran Irigasi Sekunder Bakal Dinormalisasi

Alat berat diterjunkan untuk melakukan normalisasi saluran irigasi sekunder di Kecamatan Wanasari. --

BREBES, DISWAYJATENG.ID - Hampir seluruh saluran irigasi sekunder di Kabupaten Brebes mengalami pendangkalan akibat proses sedimentasi. Akibat pendangkalan tersebut, saluran irigasi banyak yang meluap dan mengakibatkan banjir saat turun hujan. Untuk mengantisipasi pendangakalan yang makin parah, sejumlah saluran tersebut bakal dilakukan normalisasi. 

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (DPSDAPR) Brebes, Abdul Majid mengungkapkan, pendangkalan saluran irigasi terjadi lantaran proses sedimentasi dan penumpukan sampah. Sehingga, hampir semua irigasi tersumbat dan meluap saat hujan. Namun demikian, pihaknya hanya bisa melakukan pemeliharaan rutin dengan melakukan normalisasi di beberapa titik. 

"Tahun ini hanya ada 7 titik saluran irigasi sekunder yang akan dilakukan normalisasi. Ini pemeliharaan rutin karena memang saluran irigasi itu kewenangannya pemerintah provinsi," kata Abdul Majid saat dikonfirmasi, Kamis (13/4). 

Majid menjelaskan, saluran sekunder yang bakal dinormalisasi tahun ini di antaranya saluran sekunder Desa Wanasari dan Sawojajar Kecamatan Wanasari, saluran di Desa Karangbale dan Siandong Kecamatan Larangan, Dukuhturi Kecamatan Ketanggungan, serta saluran sekunder di Desa Sigempol dan Banjaranyar Kecamatan Brebes.

"Sekarang masih musim hujan dan diperkirakan sampai akhir April nanti. Banyak saluran yang sering meluap karena pendangkalan dan tumpukan sampah," tambahnya. 

Majid menuturkan, selain melakukan normalisasi saluran irigasi, pihaknya juga berupaya melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti pemerintah provinsi dan balai besar wilayah sungai (BBWS) agar bisa lebih cepat melakukan perbaikan tanggul sungai yang kritis. Sebab tak sedikit tanggul sungai besar maupun sungai kecil yang saat ini kondisinya memprihatinkan.

"Tanggul sungai sementara kita koordinasi dengan provinsi untuk penanganan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar brebes