Jelang Arus Mudik, Perbaikan Jembatan Pemali Brebes Molor, Begini Skenarionya

Jelang Arus Mudik, Perbaikan Jembatan Pemali Brebes Molor, Begini Skenarionya

Progres perbaikan jembatan Pemali Brebes yang molor dan tidak bisa dilalui saat mudik Lebaran. --

BREBES, DISWAYJATENG.ID - Menjelang berlangsungnya arus mudik Lebaran 2023, perbaikan jembatan Pemali di Jalur Pantura Brebes, di sisi utara oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR), hingga kini belum selesai pengerjaannya. Kondisi ini menjadikan jalur pantura yang memasuki perkotaan Brebes rawan kemacetan pada arus mudik Lebaran mendatang. 

Diketahui, progres perbaikan jembatan Pemali di jalur pantura Brebes molor dari target. Perbaikan jembatan Pemali A atau sisi utara ini awalnya ditarget rampung pada April 2023. Namun saat mudik Lebaran nanti, jembatan itu masih dalam proses pengerjaan. Imbasnya, polisi bakal melakukan antisipasi dengan rekayasa lalulintas saat mudik Lebaran tahun 2023.

Sebelumnya Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahardian saat meninjau perbaikan Jembatan Pemali beberapa waktu lalu mengatakan, perbaikan jembatan Pemali tidak bisa selesai sebelum Lebaran nanti. Ada beberapa kendala teknis yang perlu ditangani dengan serius. Salah satunya tiang pancang yang berada di tengah sungai. 

"Kita memang ingin ini selesai sebelum Lebaran, tapi kelihatannya sulit karena secara teknis perlu diperdalam. Karena tiang pancang berada di tengah sungai, jadi kan teknisnya agak serius itu. Untuk mudik Lebaran nanti akan mengoptimalkan Jalingkut dan Tol," tandasnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan pemudik, pihak kepolisian mengaku sudah menyiapkan berbagai upaya skenario dan rekayasa lalin. Diantaranya, bagi kendaraan roda empat dari arah barat akan dialihkan melalui jalan lingkar Brebes-Tegal atau Jalingkut. Sementara untuk kendaraan roda dua (pemudik sepeda motor) lurus melalui memasuki Kota Brebes.

"Soal Jembatan Pemali, tidak usah kahwatir, semua sudah diprediksi dan kita sudah membuat skenario yang paling terburuk pun sudah kita siapkan," kata Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq, Selasa (11/4).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: