Perbaikan Jalan di Brebes, Terapkan Long Segment

Perbaikan Jalan di Brebes, Terapkan Long Segment

Kondisi jalan di ruas Ketanggungan-Cisereuh rusak parah.--

BREBES, DISWAYJATENG.ID - Penanganan perbaikan jalan rusak kabupaten di Brebes akan menggunakan kontrak long segment. long segment yakni pelebaran, rekonstruksi, rehabilitasi dan pemeliharaan jalan termasuk median jalan dalam satu kontrak sehingga akan lebih efektif.

Hal ini diungkapkan Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin, yang didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Brebes Sutaryono, Jumat (31/3).

"Perbaikan jalan ini, tidak tidak bisa dilakukan sepotong-sepotong, tapi harus dengan long segment. Pimpinan DPRD Brebes menyetujuinya," kata Urip Sihabudin.

Untuk perbaikan jalan sendiri terpenting adalah jalan normal terlebih dulu sehingga aman dilalui kendaraan yang melintas. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan perbaikan jalan mulus. Untuk sumber anggaran sendiri selain dari APBD, nantinya dari pusat dan provinsi.

Menurut Urip, pemerintah pusat dan provinsi sudah merespon baik terkait rencana perbaikan jalan rusak di Brebes

"Responnya sangat baik dan semoga terealisasi, sehingga bisa mengurangi beban anggaran APBD di tahun 2024 mendatang," ungkapnya.

Seperti diketahui, Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin sebelumnya saat berkunjung ke Kecamatan Losari dan bertemu dengan para kepala desa beberapa waktu lalu mengungkapkan, bahwa kerusakan jalan kabupaten yang mengalami kerusakan mencapai 300 kilometer.

Menurutnya, paling tidak Pemkab Brebes perlu waktu sekitar 4 tahun untuk menangani kerusakan jalan tersebut. 

"Kalau saya memperkirakan empat tahun dari sekitar 300 km yang rusak berat. Kemudian juga katagori rusak sedang dan ringan bahkan termasuk saluran drainasenya akan bisa teratasi," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: