Gus Yasin Dukung Piala U-20 Tanpa Israel

Gus Yasin Dukung Piala U-20 Tanpa Israel

--

SEMARANG (DiswayJateng) - Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mendukung penuh sikap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menolak kehadiran Timnas Israel dalam Piala Dunia U-20 yang akan di gelar di Indonesia. Menurutnya, kehadiran Israel di Indonesia nantinya akan mencederai komitmen Presiden RI pertama, Soekarno dalam mengupayakan kemerdekaan Palestina.
 
"Sebagai sebuah negara yang memegang teguh komitmen, saya rasa perlu kita bersikap. Perlu kita soroti, komitmen Presiden Soekarno terkait kemerdekaan Palestina. Kita perlu mendukung upaya ini,” kata Taj Yasin, Sabtu (25/3/2023).
 
Taj Yasin menambahkan, terlepas dari kondisi geo politik, Indonesia mustinya terlibat dalam aksi kemanusiaan dan penjajahan. Hal itu, lanjutnya, sudah jelas tertuang dalam pembukaan UUD 1945. 
 
Sebab itu, ia sepakat dan mendukung penuh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo yang meminta panitia bersama pihak terkait agar mengupayakan langkah terobosan Piala Dunia U-20 tanpa kehadiran timnas Israel di Indonesia.
 
"Saya sepakat, bahwa penyelenggaraan (Piala Dunia U-20) ini tetap bisa berjalan tanpa kita mengorbankan komitmen mewujudkan kemerdekaan Palestina," imbuhnya.
 
Sebelumnya, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mendorong upaya terobosan agar Israel tidak main di Indonesia dalam Piala Dunia U-20. Sikap itu adalah perwujudan komitmen bersama dalam upaya kemerdekaan Palestina sesuai amanat Presiden RI pertama, Soekarno.
 
Ganjar mengatakan, sebagai kader PDI  Perjuangan, dirinya memegang teguh amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina. 
 
"Kami sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam  Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok,  maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya kami ikut amanat beliau," katanya.(*)
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: