Jelang Ramadan, Ganjar Kembali Gelar Program Parsel Lebaran Libatkan 125 UMKM

Jelang Ramadan, Ganjar Kembali Gelar Program Parsel Lebaran Libatkan 125 UMKM

PARSEL - Pemprov Jateng kembali melibatkan UMKM untuk membuat parsel Lebaran.--

SEMARANG (DiswayJateng) - Menjelang Ramadan, Pemprov Jateng berkolaborasi dengan Bank Indonesia, OJK, Asosiasi Pengusaha Oleh-Oleh (ASPOO) dan BliBli .com kembali mengadakan program Parsel Lebaran. Program ini bertujuan untuk mendukung pengembangan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan memberikan kebermanfaatan kepada mereka.

 

"Program penjualan produk UMK dalam bentuk parsel lebaran yang diinisiasi Bapak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sejak tahun 2021, mendapatkan respons yang sangat positif dari masyarakat," kata Kepala Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng Ema Rachmawati ditemui di lokasi acara di Gedung Gradhika Bhakti Praja kompleks kantor Gubernur Jateng di Semarang, Selasa (7/3).

 

Dari catatannya, pada tahun ini diperkirakan respons masyarakat akan jauh lebih besar. Ditargetkan, hasil penjualan program Parsel Lebaran tahun ini mencapai Rp 5 miliar. 

 

Mengaca pada dua tahun lalu, hasilnya cukup besar. Pada 2021 penjualan dari program Parsel Lebaran mencapai Rp2,1 miliar, dan pada 2022 penjualan mencapai Rp4,18 miliar.

 

Dia menerangkan, tahun ini produk dari UMKM yang ikut dalam Program Parsel Lebaran lebih bervariasi. Selain produk makanan-minuman, juga ada craft, pakaian, dan juga sembako. Seluruh produk tersebut telah melalui kurasi. 

 

Tahun ini jumlah UMKM yang dilibatkan sebanyak 125 UMKM, lebih banyak jika dibanding tahun lalu sebanyak 80 UMKM. Para UMKM yang ikut tahun ini berasal dari 34 kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Hanya Kabupaten Grobogan yang tidak ikut terlibat. 

 

"Ini berlangsung sekarang sampai nanti menjelang Lebaran," terangnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: