Aksi Heroik Selamatkan Balita Dari Kepungan Banjir

Aksi Heroik Selamatkan Balita Dari Kepungan Banjir

Kasat Samapta Polres Tegal menyelamatkan balita yang terlelap dalam tidur disaat rumahnya di kepung banjir.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI (Disway Jateng) - Kehadiran Polri dalam hal ini Polres Tegal ditengah meluapnya air sungai Kali Jembangan, yang mengakibatkan beberapa pemukiman tergenang air diwujudkan. Kali ini Satuan Samapta Polres Tegal  dibawah kendali Kabag Ops dan kasat Samapta melaksanakan penanganan SAR terbatas luapan air yang menggenangi Desa Tembok Banjaran Kecamatan Adiwerna.

 

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK melalui  Kabag Ops Kompol Sardoyo SH MH didampingi Kasat Samapta AKP Surahno SH menyatakan, pihaknya dalam aksi kemanusiaan ini menerjunkan 10 personil untuk berkolaburasi dengan Satuan Tugas penanganan bencana. 

 

" Sebelumnya  pada sekitar pukul 16.30 - 21.00 WIB telah terjadi hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tegal termasuk di wilayah Desa Tembok Banjaran Kecamata Adiwerna.Akibat curah hujan yang sangat deras dan waktunya cukup lama tersebut sehingga mengakibatkan Kali Jembangan yang berada di Desa Tembok Banjaran banjir," ujarnya Kamis ( 2/3) kemarin.

 

Karena tidak mampu menampung debit air,  sehingga Kali Jembangan meluap dan menggenangi pemukiman warga Desa Tembok Banjaran di RW 01, 02,03, RT 03, 04 ,05, 06, 07, 09, 11, 13, 15, 16, 18 dan 19 yang berada dipinggir bantaran Kali Jembangan dengan ketinggian air lebih kurang antara 50 - 100 cm.

 

" Rangkaian kegiatan penanganan  SAR terbatas kami lakukan disaat luapan air setinggi 50-100 cm akibat meluapnya kali Jembangan. Luapan menggenangi rumah warga wilayah Rt.4,5,6,7,9,10 dan 12 Desa Tembok Banjaran," cetusnya.

 

Melihat ada balita yang harus diselamatkan, Kasat Samaptga bergegas menggendong balita tersebut, untuk dibawa ke posko pengungsian sementara.

 

" Rumah yang terendam berdampak banjir 392 rumah  yang dihuni  1.176 jiwa, sudah dapat dievakuasi dan mengungsi sementara ditempat yang aman," ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id