Live In-Character Camp, Pembentukan Karakter SMAK Penabur

Live In-Character Camp, Pembentukan Karakter SMAK Penabur

TAMPIL - Murid SMAK Penabur Cirebon menunjukkan kemampuannya.--

 

CIREBON (DiswayJateng) - SMAK Penabur CIREBON  kembali menggelar rangkaian Live In hingga Character Camp. Tujuannya, menumbuhkembangkan karakter bagi siswa-siswi kelas X untuk Character Camp dan untuk siswa-siswi kelas XI. Bahkan, seluruh murid sangat antusias mengikuti dua rangkaian kegiatan berbeda tersebut.

 

Kepala SMAK Penabur Cirebon Gunawan SSi mengungkapkan, Character Camp dan Live In menjadi agenda rutin bagi murid kelas X dan XI. Namun, kegiatan tersebut sempat tertunda selama dua tahun pandemi Covid-19. Sehingga baru kembali terlaksana pada 2023.

 

"Pembentukan karakter siswa-siswi, fokusnya kelas X dan XI. Yakni, belajar kedisiplinan, keuletan, kerjasama, tangguh dan tidak gampang menyerah. Sehingga, setelah lulus nanti mereka punya karakter yang baik dan kuat di lingkungan masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Character Camp Netha Agustin Tjandra SPsi menyampaikan, kegiatan berlangsung pada 2 hingga 3 Februari 2023 di Bumi Perkemahan Desa Cipaniis, Kabupaten Kuningan. Menurutnya, pembentukan karakter murid dilakukan dengan mengimplementasikan semua kegiatan di masyarakat. Termasuk, menghadirkan Batalyon Arhanduse 14/PWY Cirebon yang mengajarkan sejumlah kegiatan yang menunjang pembentukan karakter tersebut dengan sejumlah aturan yang ada.

 

"Jiwa kedisiplinan, tanggung jawab, cinta tanah air, ketepatan waktu, hingga pantang menyerah. Implementasinya, lewat outbond, halang rintang, dan fun game lainnya. Seperti rayap tali satu, jaring mendarat, jembatan dua tali yang melewati sungai," terangnya. 

 

Terpisah, Ketua Pelaksana Live In Widodo Satriyatmoko SPd mengatakan, Live In berlangsung di Desa Ngargomulyo, Muntilan, Jawa Tengah pada 1 hingga 3 Februari 2023. Kegiatannya, pengabdian masyarakat hingga pembelajaran langsung dengan masyarakat di Lereng Gunung Merapi. 

 

"Ini bertujuan mengajarkan kemampuan beradaptasi dalam lingkungan yang baru dengan berbagai karakter. Mulai cara bersosialiasi maupun berinteraksi. Termasuk, bersama masyarakat melakukan aktivitas dan belajar dari mereka (masyarakat, red)," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: