Sinergi TNI-Polri Bersihkan Sampah Kali Cenang

Sinergi TNI-Polri Bersihkan Sampah Kali Cenang

Aksi bersih Kali Cenang yang dilakukan TNI - Polri dan ormas, kemarin.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI (Disway Jateng) -  Apel pembersihan Kali atau sungai Cenag di Desa Jastimulya Kecamatan Suradadi dipimpin  langsung Bupati Tegal Umi Azizah dan Kalak BPBD Elliya Hidayah, Kamis, 9 Februari 2023.

 

Bupati berkesempatan melakukan pengecekan personil yang akan diterjunkan dalam giat pembersiohan sampah di Kali Cenang tersebut. Sedikitnya 150 personil gabungan dan ormas dilibatkan dalam kegiatan ini.

 

" Mari kita sama-sama menjaga sungai kita agar tidak terdampak banjir, mulai dari sekarang.  Jangan buang sampah sembarangan, buanglah sampah pada tempatnya yang sudah di sediakan, " ujarnya. 

 

Umi juga menegaskan bahwa jembatan tidak hanya di Desa Jatimulya saja, namun disemua desa yang punya jembatan untuk sama sama menjaga agar tidak tersumbat oleh sampah.

 

" Saat ini sedang terjadi  lagi perubahan cuaca. Dengan geografi wilayah Kabupaten Tegal,  hujan deras, angin kencang, kilat dan petir, kami minta warga  berhati hati dalam melaksanakan kegiataan pada saat hujan. Dan kebiasaan membuang sampah disungai,  menimbulkan beberapa dampak buruk seperti banjir. Sampah yang menumpuk akan menimbulkan bau tak sedap dan menimbulkan penyakit," cetusnya.

 

Sementara itu Kalak BPBD Ellya Hidayah menyatakan dampak terhadap dampak terhadap kesehatan manusia dan lingkungan jika perilaku membuang sampah sembarangan di sungai dilakukan secara terus-menerus.

 

" Mulai dari sekarang mari kita sama-sama perilaku membuang sampah sembarangan ke sungai dihentikan. Membuang sampah sembarangan di sungai dapat membuat penumpukan sampah di dasar sungai. Sampah yang menumpuk kemudian menghambat dan benda-benda lainnya dalam aliran sungai, menciptakan tumpukan sampah juga lumpur yang membuat sungai menjadi dangkal," ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id