Dua Desa di Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal Terendam Banjir

Dua Desa di Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal Terendam Banjir

BANJIR - Warga melintas di tengah banjir untuk beraktivitas. Foto : Yeri Noveli/Radar Slawi --

SLAWI (DiswayJateng) - Dua desa di wilayah Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal terendam banjir sejak Kamis (26/1) hingga Jumat (27/1). Kedua desa itu yakni Sidaharja dan Jatimulya. Penyebab banjir disinyalir karena di wilayah tersebut diguyur hujan deras, sehingga air Sungai Cacaban meluap.

 

Kasat Polairud Polres Tegal AKP Siswanto menuturkan, banjir terjadi sejak Kamis malam kemarin. Saat ini, ketinggian banjir sekitar 40 sentimeter. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam bencana tersebut.

 

"Banjir masih ringan. Penyebab banjir ini karena sejak Kamis kemarin sampai hari Jumat ini, terjadi hujan deras dan ringan. Sehingga Sungai Cacaban tidak mampu menampung debit air yang tinggi dan meluap ke permukiman penduduk," kata AKP Siswanto, saat ditemui di Desa Sidaharja, Jumat pagi (27/1).

 

Dia menuturkan, banjir yang merendam rumah penduduk di Desa Sidaharja terjadi di RW 06. Tepatnya di RT 11, 12 dan 13. Sedangkan di Desa Jatimulya, hanya terjadi di beberapa titik.

 

Sejauh ini, warga memilih tetap tinggal di dalam rumah. Mereka tidak ada yang mengungsi karena genangan banjir hanya sekitar selutut kaki orang dewasa.

 

"Tidak semuanya banjir, masih ada beberapa jalan yang masih bisa dilewati kendaraan," ujarnya.

 

Menurut Siswanto, untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan, pihaknya telah menugaskan sejumlah personel untuk berjaga-jaga di dua desa tersebut. Mereka merupakan anggota Polres Tegal, Koramil dan sejumlah relawan dari BPBD, PMI, SAR serta masyarakat setempat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: