Beras Srinuk Dinilai Berhasil, Ganjar Dorong Pemkab Buka Kerja Sama Riset Pemuliaan Benih

Beras Srinuk Dinilai Berhasil, Ganjar Dorong Pemkab Buka Kerja Sama Riset Pemuliaan Benih

--

SEMARANG (DiswayJateng) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong Pemerintah Kabupaten Klaten membuka kerja sama pembudidayaan Beras Srinuk mereka. Harapannya, akan lebih banyak produk hasil kembangan yang bisa muncul. 
 
Selain itu, Ganjar juga mendorong Pemkab Klaten buka kerja sama melakukan riset pemuliaan benih-benih bagus untuk lebih disebarkan. Apalagi saat ini uji coba pengembangan di lingkup Kabupaten Klaten sudah cukup berhasil.
 
"Saya terima kasih itu di Klaten ada kerja sama riset dari pemdanya. Bagus sekali Srinuk itu, nah sekarang tinggal kita dorong," katanya seusai mengikuti Rapat Paripurna dengan DPRD Jawa Tengah dengan agenda persetujuan tiga raperda, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Berlian, Jumat (30/12).
 
Ganjar menerangkan, pemuliaan dari benih-benih bagus dan menghasilkan produktivitas tinggi, hal itu harus disebarluaskan. Mengenai Srinuk, Ganjar mengaku telah mencoba sampelnya. Ia pun membantu memromosikan di momen-momen lawatan kerja.
 
"Bahkan beberapa teman dari Jakarta ingin mereview. Saya minta masuk aja. Dinas Pertanian, pemerintah daerah, BRIN perguruan tinggi kampus semuanya bisa join," lanjut Ganjar.
 
Gubernur Jateng dua periode itu menduga akan lebih banyak lagi produk-produk seperti Beras Srinuk bisa dikembangkan. Bila demikian, ia minta agar pemegang hak paten untuk memperhatikan HAKI sehingga ia bisa mendapat nilai tambah. 
 
Beras Srinuk adalah hasil budi daya Pemkab Klaten dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan). Namanya makin moncer karena punya berbagai keunggulan. Varietas hasil rekayasa dari beras rojolele itu usia tanam dan tanamannya lebih pendek serta beberapa kelebihan lain.(*)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: