Buka Munas Matakin, Ganjar; Semangat Kontribusinya Harus Disambut Baik

Buka Munas Matakin, Ganjar; Semangat Kontribusinya Harus Disambut Baik

Ganjar Pranowo membuka Musyawarah Nasional XIX Matakin di Novotel Hotel, Surakarta--

SURAKARTA, DISWAYJATENG.ID - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi semangat kemanusiaan dan persatuan yang dilakukan oleh Majelis Tinggi Agama Khonghu Indonesia (Matakin). Ganjar menyebut, kontribusi mereka bagi negara harus disambut baik.

Hal itu disampaikan Ganjar usai membuka Musyawarah Nasional XIX Matakin di Novotel Hotel, Surakarta, Jumat (25/11). Munas tersebut mengambil tema “Junzi Mengutamakan Kepentingan Umum bukan Kelompok”.

Ketua Umum Matakin, Budi Santoso menyampaikan dalam kesempatan ini melalui Matakin Solo memberikan bantuan hibah 30 ton pupuk juga 1.250 bibit tanaman kepada pemerintah Kota Solo.

“Ini adalah aksi nyata kami ummat Khonghucu untuk mengurangi pemanasan global juga ikut andil dalam penghijauan di Kota Solo,” ujarnya.

Acara tersebut diikuti kurang lebih 300 peserta dari 23 provinsi di Indonesia. Terjauh, peserta yang datang dari kepulauan terluar Indonesia yakni Natuna.

“Tema ini diangkat selain untuk mengingatkan kita bahwa sebagai negara yang majemuk, kebhinekaan bisa menjadi asset dan harus kita perjuangkan sampai titik darah penghabisan,” katanya.

Gubernur Ganjar usai membuka acara menyampaikan apresiasinya kepada Matakin. Di tengah situasi bangsa yang tidak mudah, Matakin punya semangat berkontribusi untuk bangsa.

“Jadi semangat dari Matakin sendiri untuk berkontribusi menurut saya perlu disambut dengan baik dan tentu saja banyak kegiatan yang bisa dilakukan,” ujarnya.

Beberapa kontribusi yang dilakukan Matakin, mulai sektor kesehatan, pendidikan hingga kebencanaan juga diapresiasi Ganjar.

 “Banyak kegiatan yang bisa dilakukan, keagamaan di keluarga konghucu sudah pasti. Tapi yang sosial ternyata banyak sekali ada kegiatan sekolahan, kesehatan, kebencanaan juga mereka ikut berpartisipasi menurut saya itu bagus,” ujarnya.

Selain mendoakan Munasnya berjalan lancar, Ganjar berharap dari kegiatan itu menghasilkan  pemikiran yang merespon persoalan di masa depan.

“Mudah-mudahan juga bisa merespon persoalan-persoalan kekinian dan di antara kekuatan komunitas dari Matakin akan bisa berkontribusi nyata untuk bangsa negara dan kemanusiaan,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: