Satlantas Polres Tegal Adakan Pelatihan Ujian SIM Gratis

Satlantas Polres Tegal Adakan Pelatihan Ujian SIM Gratis

AJARI - Personel Satlantas Polres Tegal mengajari masyarakat praktik dalam ujian pembuatan SIM. Foto : Hermas Purwadi/Radar Slawi --

SLAWI (DiswayJateng)  - Terobosan demi terobosan terus dilakukan Satlantas Polres Tegal untuk menciptakan kamtibselcarlantas di wilayah hukumnya. Kali ini dengan  menggelar  pelatihan ujian SIM gratis bagi masyakat agar terampil dalam mengendarai sepeda motor. Mengingat, dalam ujian SIM, baik praktik maupun teori, ada beberapa kompetensi yang wajib dikuasai sebagai keterampilan dasar dalam berlalulintas di jalan raya.

 

Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafaat SIK  melalui Kasatlantas Polres Tegal AKBP Erwin Chan Siregar SH SIK MH  menjelaskan, pelatihan ujian SIM gratis digelar karena masih terdapat masyarakat yang dinyatakan tidak lulus dalam melakukan ujian SIM, baik praktik maupun teori. Masyarakat dapat memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam berkendara. 

 

"Diharapkan saat menerapkan wawasan tersebut bisa mencegah dan terhidar dari kecelakaan lalu lintas yang selaras dengan kebijakan kapolri melalui program Quickwins Polri,'' ujarnya, Sabtu (13/11).

 

Teripsah, Kanitregident Satlantas Ipda Priyo Dwi Susanto SH menambahkan, pelatihan dilaksanakan secara rutin mulai  Senin hingga Kamis pukul 15.00 WIB sampai 17.00 WIB  usai pelayanan penerbitan SIM tutup. 

 

''Kami menyiapkan petugas pelatihan yang berkompeten, yaitu para anggota Polres Tegal yang telah memiliki sertifikasi penguji SIM dari Korlantas Polri,'' cetusnya.

 

Jenis pelatihan yang dilakukan ada dua macam, yaitu pelatihan ujian praktik dan pelatihan ujian teori yang diselenggarakan di Gedung Satpas 1430 Satlantas Polres Tegal. Materi pengetahuan berupa kesiapan berkendara dan teknik keterampilan mengemudi, seperti teknik pengereman, teknik menghindar, teknik berbalik arah atau U-turn, dan teknik berputar memberntuk angka delapan. 

 

"Sedangkan materi yang diajarkan pada pelatihan ujian teori adalah pengetahuan dasar Undang-undang Lalu lintas, etika mengemudi, dan pelatihan soal ujian teori,"ungkapnya. (her/gun)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: