Ganjar Minta Pengerjaan Jembatan Wonokerto Dipercepat

Ganjar Minta Pengerjaan Jembatan Wonokerto Dipercepat

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sidak perbaikan Jembatan Wonokerto, Kecamatan Karangtengah, Demak, Selasa (8/11)--

DEMAK, (DISWAYJATENG.ID) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus menerima komplain kemacetan akibat perbaikan Jembatan Wonokerto, Kecamatan Karangtengah, Demak, sejak Juli lalu. Selasa (8/11), Ganjar melihat langsung untuk tahu penyebab lambatnya pengerjaan jembatan.

Usai mengujicoba Tol Semarang-Demak seksi 2, Ganjar langsung menuju ke jembatan tersebut. Di perjalanan, terlihat kemacetan panjang mengular di kedua sisi karena diberlakukan sistem contraflow.

Di lokasi, tampak para pelaksana dan penanggungjawab proyek sudah menunggu kedatangan Ganjar. Saat ditanya, lambatnya pengerjaan dikarenakan alasan teknis seperti menunggu pengecoran kering.

“Sambil menunggu itu kan bisa dikerjakan bagian yang lain. Satu minggu bisa selesai apa tidak?,” tegas Ganjar pada salah satu penanggungjawab.

Permintaan Ganjar itu tak langsung diiyakan. Ia malah mendapat alasan lagi. Misalnya ada proses atau tahapan yang mesti dilalui untuk mempercepat progres.

“Saya sudah dikomplain banyak orang. Persoalan teknisnya tentu yang paling tahu adalah para insinyurnya. Nah kita ingin tahu mana yang bisa kita percepat tanpa mengurangi kualitas dan prosedur yang harus dilakukan,” kata Ganjar usai tinjauan.

Pantauan di lokasi, struktur cor jembatan sudah kering dan bisa dilewati. Namun pengerjaan seperti rangka jembatan dan finishing ditiap sisi ujung jembatan belum dikerjakan.

Di kesempatan itu, Ganjar kemudian meminta BBPJN Jawa Tengah-DI Yogyakarta untuk mempercepat penyelesaian exit tol Semarang-Demak seksi 2.

“Ada jalur alternatif yaitu tol maka tolnya nanti akan kita buka, yang tadi kita lewati. Tol itu akan kita buka untuk mengurai. Maka yang di sana, beberapa hal yang sifatnya teknis saya minta untuk segera diselesaikan,” ujarnya.

Ganjar memastikan turut mendorong percepatan penyelesaian kedua proyek yang berkaitan itu. Mantan anggota DPR RI itu, juga akan berkomunikasi dengan otoritas dari proyek.

“Saya akan bantu dorong terhadap siapa pun yang mengambil otoritas itu sehingga jangan lama-lama,” katanya.

Kejadian ini, menurut Ganjar, serupa dengan persoalan saat dirinya menjabat di periode pertama. Yakni soal terlaksananya tol Semarang-Solo yang tak kunjung usai.

“Dulu tidak tahu yang ditunggu apa gitu, saya bilang buka saja besok. Setelah dibuka beres sampai hari ini,” ujarnya.

Ganjar merasa turut bertanggungjawab dari proyek ini. Sebab dirinya terus menerima komplain dari masyarakat. Sehingga Ia akan mendorong otoritas terkait agar mempercepat pengerjaan proyek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: