Ganjar Tanam Porang dan Cicipi Makanan Hasil Olahan Porang Sukoharjo

Ganjar Tanam Porang dan Cicipi Makanan Hasil Olahan Porang Sukoharjo

TANAM - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menanam porang di Sukoharjo.--

SUKUHARJO (DiswayJateng) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkesempatan untuk melihat proses pengolahan tanaman porang yang dilakukan kelompok petani porang di Kabupaten Sukoharjo. Bahkan Ganjar juga ikut menanam bibit porang serta menikmati makanan dan minuman yang berbahan dasar porang.

 

"Kalau kemarin saya mencoba mie ayam yang dibuat dari mocaf, sekarang saya cicipi porang jel atau jelly yang dibuat dari porang dicampur kelapa muda. Ternyata benar-benar mirip jelly dan enak. Satu lagi ini ada mie ayam, mienya dibuat dari porang juga, bentuknya agak keriting, rasanya ternyata enak," ujar Ganjar saat mencicipi makanan dan minuman hasil olahan petani porang di Dukuh Tritis, Desa Kamal, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Senin (31/10/2022). 

 

Sebelum mencicipi makanan dan minuman dari bahan dasar porang itu, Ganjar lebih dulu melihat proses memanen hingga mengolah porang yang diproduksi oleh Sahabat Petani Porang Sukoharjo (SPPS) di desa itu. Ganjar sendiri dibuat kagum dengan apa yang dilakukan para petani porang itu. Sebab mereka sudah mampu menciptakan teknologi sederhana untuk menghilangkan efek gatal dari porang.

 

"Ini menurut saya keren ya. Jadi dari ujicoba sejak tiga tahun ini kawan-kawan menanam dan memproses. Bahkan yang sering jadi problem karena (Porang) itu gatal ternyata sudah ada teknologinya dengan cara ekstraksi. Ternyata ditemukan di sini, petani sendiri yang membuat metode itu. Ini cara basah, ini cara kering," katanya.

 

Tak berhenti di situ, ternyata para petani porang itu sudah mampu mengolah porang menjadi produk turunan seperti tepung glukoman. Bahkan para petani itu sekarang mulai meriset untuk membuat beras analog dengan bahan baku porang. Untuk beras analog ini mereka mencoba mengolah menjadi beberapa varian yakni murni berbahan Porang dan ada yang dicampur dengan mocaf (tepung singkong) dna sorgum.

 

"Nah ketika kemudian industri ini sudah jadi, usul saya tidak hanya menanam selesai, proses sudah bagus, gatal tidak ada lagi, tepung sudah bisa dibuat di sini. Lalu mulai dicampur, ada dengan mocaf satu lagi dengan sorgum. Mereka riset terus menerus. Ini otaknya ternyata alumni Brawijaya, labnya UGM ikut terlibat," jelas Ganjar.

 

Melihat praktik menakjubkan itu, Ganjar mendorong agar para petani mengembangkan industri porang tersebut. Dalam hal ini para petani dapat melibatkan BRIN dan BRIDA atau lembaga riset lainnya. Ganjar juga mendorong agar investasi di bidang produksi olahan porang itu ditambah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: