Guru Besar ITB Latih Petani Pemalang Membuat Pupuk Biosaka

Guru Besar ITB Latih Petani Pemalang Membuat Pupuk Biosaka

MENDAMPINGI - Guru Besar ITB Prof Dr Robeth Manurung mendampingi penyerahan pupuk organisasi biosaka dari Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI kepada Plt Bupati Pemalang. Foto: M Ridwan/Radar Pemalang --

PEMALANG (DiswayJateng) - Guru besar Intitut Teknologi Bandung (ITB) Prof Dr Robeth Manurung menjadi nara sumber dalam pelatihan pupuk organik biosaka kepada para petani di Desa Sarapan, Kecamatan PEMALANG, kemarin.

 

 

Kegiatan disaksikan langsung Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI Suwandi dan Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat yang dalam kesempatan itu juga ikut praktek pembuatan pupuk organik biosaka.

 

 

Guru Besar ITB Prof Dr  Robeth Manurung menjelaskan, bahan alami Biosaka adalah ekstrak hasil remasan berbagai macam tanaman sehat yang tumbuh di sekitar areal pertanaman yang sudah mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. 

 

 

"Terdapat tiga tahap penting yang harus diperhatikan dalam pemanfaatan bahan alami Biosaka," kata Robeth.

 

 

Lebih lanjut dia menyampaikan, pemilihan bahan yang tepat yaitu memanfaatkan berbagai macam dedaunan atau rerumputan yang kondisinya sehat, artinya tidak terlihat adanya lubang-lubang atau bercak-bercak yang menunjukkan bekas gigitan serangga atau serangan HPT. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: