Waspada ! BMKG Memprediksi Cuaca Ekstrem di Jateng dalam Tiga Hari ke Depan

Waspada ! BMKG Memprediksi Cuaca Ekstrem di Jateng dalam Tiga Hari ke Depan

Ilustrasi - Cuaca ekstrem bakal melanda Jawa Tengah. Foto: ANTARA/Aprionis--

SEMARANG (DiswayJateng) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Jawa Tengah, Minggu (16/10) hingga  Selasa (18/10).

 

Berdasarkan informasi yang dirilis BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang hari ini (16/10), cuaca ekstrem berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Jateng dalam tiga hari ke depan. Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan prospek atau potensi cuaca ekstrem tersebut diketahui berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer.

 

"Ada pola belokan angin di sekitar Jateng serta anomali suhu muka laut positif di Laut Jawa dan Samudra Hindia selatan Jawa memicu adanya peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah," katanya.

 

Selain itu, kata dia, kelembapan udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia khususnya Jateng. 

 

"Berdasarkan kondisi tersebut, curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah," tegasnya.

 

Berikut sebaran cuaca ekstrem di Jawa Tengah 3 hari ke depan: 

 

Minggu (16/10) :

Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kabupaten/Kota Magelang, Boyolali, Klaten, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Blora, Rembang, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Temanggung, Kendal, dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com