MTQ XXIX di Kalsel, Kafilah Jateng Ditargetkan Tembus Tiga Besar

MTQ  XXIX di Kalsel, Kafilah Jateng Ditargetkan Tembus Tiga Besar

--

SEMARANG  (DiswayJateng) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menargetkan masuk tiga besar pada Musabaqah Tilawatil Qur'an XXIX di Kalimantan Selatan. Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, menyebut Kafilah asal Jawa Tengah yang berangkat telah dipersiapkan secara matang lama sebelum kompetisi.

 

"Saya juga menghadiri saat persiapan dan pelatihan para calon peserta. Melihat mereka (peserta) saya optimis Jateng bisa masuk tiga besar pada MTQ tahun ini," kata Taj Yasin di Semarang, Rabu (12/10/2022).

 

Sebanyak 139 orang kafilah telah diberangkatkan hari Minggu (09/10/2022) kemarin. Wagub berharap seluruh kafilah bisa mengikuti kompetisi tanpa halangan apapun.

 

Menyinggung kesiapan Kafilah Jateng, Taj Yasin memastikan mereka telah dipersiapkan secara mental maupun materi. Menurutnya, selama latihan, kontingen dari Jateng diberikan fasilitas serta pelatihan yang menyerupai kompetisi yang akan diikuti. 

 

"Para peserta dilatih dan dibuatkan skenario menyerupai kompetisi. Ada beberapa tahap latihannya. Hal ini, dilakukan untuk membentuk mental mereka. Jadi begitu mengikuti kompetisi, mereka tidak kaget," paparnya.

 

Lebih jauh, Taj Yasin berpesan agar para Kafilah menjaga kondisi tubuh tetap fit. Menurutnya, mengikuti kompetisi selama berhari-hari bisa membuat tubuh drop. Oleh karenanya, dia meminta kontingen Jateng disiplin mengatur waktu, dan mengikuti arahan ketua kontingen.

 

"Jangan terlalu diforsir. Ikuti arahan ketua kontingen. Disiplin atur waktu, termasuk waktu istirahat," tutupnya.

 

Sebagai informasi, 139 Kafilah dari Jawa Tengah terdiri dari 56 atlet dan pendamping. Mereka mengikuti seluruh cabang lomba dan golongan. Ada 8 cabang dan 23 golongan yang dilombakan. Sebanyak 8 cabang yang dilombakan adalah seni baca Al-Qur'an, qira'at Al - Qur'an, hafalan Al - Qur'an, tafsir Al - Qur'an, Fahm Al - Qur'an, Syarh Al-Qur'an, seni kaligrafi Al- Qur'an dan karya tulis ilmiah Al-Qur'an. 

 

MTQ ke XXIX rencananya dibuka Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 12 Oktober 2022. Pada penutupannya nanti, yakni 18 Oktober 2022, ditutup oleh Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin. Pembukaan maupun penutupan acara MTQ Nasional dilaksanakan di Astaka Utama Kiram Park Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: