Maling Sapi di Kendal Nyaris Diamuk Massa, Polisi Bubarkan Warga dengan Tembakan Peringatan

Maling Sapi di Kendal Nyaris Diamuk Massa, Polisi Bubarkan Warga dengan Tembakan Peringatan

Ilustrasi ditangkap-pixabay-

KENDAL, (DiswayJateng.id)- Seorang pencuri kambing nyaris menjadi korban amuk massa setelah aksinya kepergok warga.  Polisi bahkan terpaksa mengeluarkan tembakan peringatan untuk mencegah terjadinya amuk massa tersebut. Oleh petugas, pelaku langsung diamankan ke Mapolres Kendal untuk pemeriksaan.

Peristiwa bermula saat pelaku berinisial F (24) ini melancarkan aksinya melakukan pencurian hewan ternak sapi di Dusun Kampir, Desa Plososari, Kecamatan Patean Kendal pada Senin (10/10/2022) pagi. Pencurian hewan ternak tersebut dilakukan bersama dua temannya. 

Namun aksinya kepergok warga yang mengetahui sapi milik Manot sudah hilang.

Apes F (24), warga Kuripan Gerung, Kabupaten Wonosobo ini berhasil tertangkap warga dan tidak sempat melarikan diri tersebut. 

Kasat Reskrim Polres Kendal, AKP Agus Budi Yuwono mengatakan, pelaku ditangkap warga saat mobil yang akan digunakan untuk mengangkut sapi curian terperosok. Pelaku yang menunggu di mobil didatangi warga yang sedang mencari sapi miik Manot yang hilang.

“Pencurian ini dilakukan dinihari dan berjumlah tiga orang dengan sarana mobil pick up. Sapi yang didalam kandang warga diambil dan pelaku F berperan menunggu dimobil,” katanya, Senin (10/10/2022).

Mobil yang akan digunakan untuk mengangkut sapi curian terperosok dan saat berupaya meminta tolong kepada warga, pelaku justru menjadi bulan-bulanan.

“Mobilnya rencana untuk angkut sapi terperosok dan warga yang sedang mencari sapi mengetahui sehingga (pelaku) ditangkap,” ungkapnya.

Sapi hasil curian sendiri belum sempat dinaikkan ke mobil dan berada tidak jauh dari mobil pelaku yang terperosok. “Jumlah warga semakin banyak dan pelaku nyaris dihakimi, petugas terpaksa mengeluarkan tembakan peringatan agar warga tidak main hakim sendiri,” timpalnya.

Sementara itu, tersangka F saat diamankan di Mapolres Kendal mengatakan, ia bersama dua temannya mencari sasaran hewan ternak. “Saya hanya menjaga mobil waktu itu sekitar jam 04.00. Sudah mulai pagi saya mau pergi tapi mobil terperosok,” akunya.

Pelaku F mengaku sudah tahu akan diajak mencuri hewan ternak. Namun saat meminta tolong warga membantu mobilnya terperosok, ia tidak mengetahui jika warga sedang mencari sapi yang hilang.

“Saya minta tolong ke warga untuk mengangkat mobil yang terperosok, ternyata warga ini lagi mengejar pelaku pencurian sapi,” ujarnya.

Sapi sendiri belum sempat dibawa pergi karena keburu tertangkap warga. Sementara dua temannya berhasil kabur meninggalkan sapi di semak-semak. Polisi masih memburu dua pelaku pencurian dengan pemberatan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan