Ke Kalsel, Ganjar Ziarah Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari

Ke Kalsel, Ganjar Ziarah Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari

ZIARAH - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat ziarah di Kalsel.--

 

KALSEL (DiswayJateng) - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berkunjung ke Kalimantan Selatan, Selasa (11/10). Ganjar yang datang menghadiri pembukaan MTQ Nasional ke-29 menyempatkan diri berziarah ke makam ulama terkenal Kalimantan Selatan, Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.

 

Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari merupakan ulama besar. Ia tokoh penyebar agama Islam di daerah itu, pengarang kitab fiqh Sabilal Muhtadin yang banyak jadi rujukan banyak umat Islam dunia dan menjadi referensi keilmuan Universitas Al-Azhar Mesir.

 

Ganjar ziarah ke makam ulama yang juga dikenal dengan sebutan Datuk Kelampayan itu pada pukul 14.30 WITA. 

 

Setelah ziarah, Ganjar mengunjungi perpustakaan. Di sana, ia melihat peninggalan Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari berupa tongkat, Alquran yang ditulis tangan, kitab-kitab karya beliau dan banyak lagi koleksi lainnya.

 

"Silahkan pak, boleh dipegang tongkatnya. Ini yang dulu selalu dibawa datuk termasuk untuk mengajar muridnya," kata penjaga perpustakaan.

 

Ganjar pun memegang tongkat yang berusia ratusan tahun itu. Ia mencium tongkat itu dan memegang cukup lama. Ganjar juga melihat Alquran tulis tangan yang tersimpan di sana.

 

"Wah ada buku dan kitab juga ya, ini dijual ya? Saya beli ya. Wah ini ada minyak wangi juga. Jadi ingat waktu haji dulu, biasanya langsung ditawari 'murah, murah," kenangnya sambil tertawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: