Puan Maharani Gelontorkan Rp34 Miliar untuk Rehab Rumah Warga Brebes

Puan Maharani Gelontorkan Rp34 Miliar untuk Rehab Rumah Warga Brebes

Anggota FPDIP DPR RI Paramitha Widya Kusuma mendampingi Puan Maharani meninjau program rehab RTLH di Brebes.--

BREBES, (DiswayJateng.id)Puan Maharani menggelontorkan anggaran untuk program bantuan Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH) untuk warga Brebes.

Bantuan dana RTLH dari Puan untuk warga Brebes mencapai Rp34 miliar. 

Hal itu, seperti yang disampaikan Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Paramitha Widya Kusuma.

Bantuan dari Ketua DPR RI itu sebagai upaya meningkatkan taraf hidup bagi warga Kabupaten Brebes.

Paramitha mengatakan, total anggaran untuk bantuan RTLH yang disalurkan ke Kabupaten Brebes ini mencapai Rp34 miliar. Menurutnya, Bantuan RTLH sebanyak 1700 rumah ini merupakan aspirasi dari Mbak Puan Maharani.

"Saya hanya menyalurkan amanat berupa program bantuan RLTH dari Mbak Puan. Bantuan ini sebagai upaya meningkatkan taraf hidup bagi warga Kabupaten Brebes. Totalnya 1700 rumah, dengan anggaran mencapai Rp34 miliar. Tahun 2022 ini ada yang masih dalam tahap pengerjaan," ungkap Paramitha yang merupakan wakil rakyat dari Dapil Jateng IX, Kamis, 29 September 2022.

Paramitha menyebut, bantuan itu tersebar di 28 desa di sembilan kecamatan di Kabupaten Brebes. Yakni Kecamatan Larangan, Ketanggungan, Banjarharjo, Tanjung, Losari, Bulakamba, Songgom, Brebes dan  Wanasari. Penyaluran program bantuan RTLH itu terbagi dalam tiga tahap hingga akhir tahun nanti. 

"Setiap warga penerima program bantuan ini mendapat Rp20 juta, berupa material dan biaya untuk tukang. Nilai bantuan itu memang dinilai kurang, sehingga sesuai nama programnya kami berharap dari para penerima ini tumbuh swadaya," paparnya. 

Paramitha menjelaskan, program bantuan ini juga merupakan bentuk perhatian dan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membantu mengatasi kemiskinan ekstrem. Tak hanya itu, pihaknya juga mendorong peningkatan Indeks Prestasi Manusia (IPM) di Kota Bawang. 

"Apalagi, Brebes masuk dalam salah satu daerah miskin ekstrem di Jawa Tengah," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: