Wujudkan Visi Merdeka Sampah, Bupati Tegal Resmikan Testa

Wujudkan Visi Merdeka Sampah, Bupati Tegal Resmikan Testa

TINJAUAN - Bupati Tegal Umi Azizah saat melakukan tinjauan. Foto : Yeri Noveli/Radar Slawi --

 

 

SLAWI (DiswayJateng) - Bupati Tegal Umi Azizah meresmikan penggunaan Taman Edukasi Sampah Terpadu (Testa) di Lapangan Desa Ujungrusi, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Sabtu (17/9).

 

Testa ini sebagai workshop pengelolaan aneka sampah organik dan anorganik yang dikelola oleh komunitas pegiat Bank Sampah Bestari.

 

Anggaran pembangunan Testa itu bersumber dari bantuan keuangan Pemkab Tegal yang disalurkan kepada Pemerintah Desa Ujungrusi melalui program Desa Merdeka Sampah.

 

Umi mengatakan, keberlangsungan fungsi Testa adalah tantangan sesungguhnya dari pengelolaan sampah berbasis komunitas tersebut.

 

Diharapkan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal melakukan pendampingan pembinaan dan dukungan terhadap pemerintah desa.

 

“Membangun dan meresmikan itu mudah, yang sulit justru menjaga kesinambungan fungsinya, manfaatannya mengurangi sampah. Apalagi ini letaknya di luar permukiman, jadi merawat semangat komunitas pegiat lingkungan dan bank sampah agar konsisten menjalankan perannya harus dilakukan pak Kades dan DLH,” kata Umi.

 

Sumber: